Comscore Tracker

Dapat Modal dari Program PWMP, Peternak Milenial Ini Jadi Juragan Domba

Kostratani Soreang turut andil jadikan Adhit juragan domba

Jakarta, IDN Times - Seorang pemuda lulusan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor Tahun 2019, Muhammad Adhitya Putra, memberanikan diri untuk terjun pada kegiatan usaha di bidang peternakan, yaitu ternak domba atau penggemukan domba. 

Pria yang akrab disapa Adhit tersebut mendapat modal usaha dari program Penumbuhan WIrausahawan Muda Pertanian (PWMP) yang diberikan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP)-Kementerian Pertanian.

Kostratani Soreang turut memberikan andil untuk menempa Adhit menjadi juragan domba dengan berbagai pelatihan yang diselenggarakan di BPP Soreang. Petugas Penyuluh di sana pun aktif membantu Adhit mencarikan jaringan pemasaran sehingga usaha Adhit menjadi berkembang. Usaha Adhit pun saat ini bertambah maju. 

Adhit bersama kedua orang rekannya berinisiatif mendirikan grup bernama “Juragan Domba” dengan harapan usaha ternak atau penggemukan domba yang ditekuni dapat berjalan dengan baik dan berkembang seperti juragan domba pada umumnya.

1. Domba yang dijual Juragan Domba laris habis terjual

Dapat Modal dari Program PWMP, Peternak Milenial Ini Jadi Juragan DombaIDN Times/Kementan

Berkat tekad yang kuat dan usaha yang tekun, Adhit sebagai Ketua Grup Juragan Domba kini meraih keberkahan dalam Hari Raya Idul Adha karena domba yang diusahakannya laris habis terjual. Bahkan menurutnya, stok domba yang ada tidak mencukupi semua permintaan konsumen.

“Domba sudah habis terjual saat menjelang Hari Raya Idul Adha, ada 14 ekor domba. Memang belum banyak sih, tapi untuk ukuran awal di usaha ini, itu sudah alhamdulillah. Yang belum terpenuhi permintaannya sekitar lebih dari 10 ekor,” ujarnya.

Adhit juga menuturkan bahwa domba tersebut dijual dan dikirim di beberapa lokasi Jabodetabek dan sekitar Bandung tempat lokasi usahanya. Lokasi usaha Juragan Domba terletak di Dusun Sawah Bera, Desa Sukajadi, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. 

2. Domba yang dijual Juragan Domba memenuhi kriteria untuk hewan kurban

Dapat Modal dari Program PWMP, Peternak Milenial Ini Jadi Juragan DombaUnsplash.com/Jarren Simmons

Para konsumen tertarik membeli hewan kurban di Juragan Domba karena memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen dengan cara merawat dan memelihara domba yang dijual berdasarkan ilmu yang didapat saat menjadi mahasiswa di Polbangtan Bogor, serta ilmu yang didapat saat melakukan praktik lapang/pendampingan di beberapa wilayah pedesaan. 

Dengan demikian, domba yang dijual Juragan Domba memenuhi kriteria untuk hewan kurban, seperti cukup umur, sehat, tidak sakit, dan tidak hilang bagian tubuhnya atau cacat. 

3. Kementan memiliki program untuk regenerasi petani

Dapat Modal dari Program PWMP, Peternak Milenial Ini Jadi Juragan DombaIDN Times/Kementan

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan bahwa semakin banyak anak muda yang serius, terjun di sektor pertanian, dan semakin banyak pengusaha muda pertanian, hal tersebut merupakan suatu indikasi keberhasilan pembangunan pertanian.

Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi juga menambahkan bahwa pendidikan vokasi memegang peran penting dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pertanian. Hal ini terbukti dengan lahirnya pemuda-pemuda yang memiliki jiwa wirausaha dan yang telah menjalankan usaha di sektor pertanian yang di dalamnya termasuk peternakan. 

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Idha Widi Arsanti, juga menjelaskan bahwa ada beberapa program di bawah Kementerian Pertanian yang memang ditujukan untuk regenerasi petani dengan membantu petani milenial berkembang di sektor pertanian, seperti program YESS dan PWMP.

Topic:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya