Melalui Sumber Energi Lokal, PLTMH Aksesi Listrik di Papua 

Energi listrik harus menjangkau sampai ke pelosok

Papua, IDN Times – Distrik Ilaga merupakan kawasan tertinggi di Indonesia dan dikelilingi rangkaian pegunungan Jayawijaya. Menjadi wilayah dengan elevasi tertinggi di Indonesia, Kabupaten Ilaga merupakan daerah yang terisolasi. Bandara Ilaga menjadi satu-satunya jalur masuk dan keluar Ilaga, perjalanan ditempuh sekitar 40 menit menggunakan pesawat dari Timika.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, meresmikan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 2 x 350 kW di Distrik Ilaga, Provinsi Papua, Jumat (20/12).

"Ini wujud keseriusan dari pemerintah dalam meningkatkan akses masyarakat terhadap listrik dan menunjang pertumbuhan ekonomi. Dengan energi listrik yang cukup, kehidupan di Papua akan menjadi lebih baik, roda ekonomi akan berjalan dan yang paling penting adalah anak-anak kita bisa belajar di malam hari, sehingga ke depan sumber daya manusia kita bisa lebih baik," kata Menteri Arifin.

1. Penduduk Papua mendapat akses listrik melalui energi terbarukan PLTMH

Melalui Sumber Energi Lokal, PLTMH Aksesi Listrik di Papua kabarkota.com

Kehadiran akses listrik melalui PLTMH ini menjadi kesempatan bagi penduduk Papua untuk meningkatkan kualitas hidupnya dengan memanfaatkan potensi energi terbarukan setempat. Harapannya, Ilaga semakin berdikari untuk memenuhi kebutuhan listrik warganya.

Provinsi Papua sendiri tercatat memiliki rasio elektrifikasi sebesar 94 persen. Angka tersebut masih di bawah rata-rata rasio elektrifikasi nasional, yakni 98,86%. Kondisi ini yang menjadi pertimbangaan utama Pemerintah meningkatkan pembangunan infrastruktur energi di wilayah tersebut.

"Komitmen kami selaku pemangku kebijakan sangat tinggi terhadap program pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di Papua dan Papua Barat agar energi listrik dapat dinikmati sampai ke pelosok perdesaan," ungkap Menteri ESDM.

2. Memanfaatkan sumber energi lokal sebagai sumber energi listrik

Melalui Sumber Energi Lokal, PLTMH Aksesi Listrik di Papua suarapapua.com

Pemanfaatan sumber energi lokal, sebagai sumber energi listrik dinilai cocok dengan topografi dan geografi wilayah terutama di daerah terpencil seperti di wilayah Ilaga. 

"Pemerintah mendorong ketersediaan energi listrik dari sumber energi lokal terutama pemanfaatan energi baru terbarukan," tegas Menteri Arifin.

3. Keberadaan PLTMH di Distrik Ilaga baru melistriki 600 KK

Melalui Sumber Energi Lokal, PLTMH Aksesi Listrik di Papua IDN Times/EBTKE

Pembangunan PLTMH Ilaga sendiri menggunakan skema multiyears dengan nilai kontrak sebesar Rp99 miliar. Pembangkit berbasis energi bersih tersebut saat ini baru melistriki sebanyak 600 Kepala Keluarga dari debit air 2 x 800 liter/detik dengan menggunakan 2 unit turbin.

Dengan PLTMH berkapasitas 2 x 350 kW ini, masih lebih banyak Kepala Keluarga yang dapat dialiri listrik. Menteri Arifin berpesan kepada Bupati Kabupaten Puncak untuk terus meningkatkan jaringan distribusi agar lebih banyak masyarakat yang terlayani ke depannya.

"Ini contoh konkret bagaimana energi bersih mampu dioptimalkan di daerah seperti Ilaga. Kementerian ESDM akan terus membantu dan mendukung peningkatan rasio elektrifikasi di Papua khususnya Kabupaten Puncak," tutup Menteri ESDM.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya