Polbangtan Bogor Manfaatkan Teknologi Saat Meneliti Sapi Belgian Blue

Menerapkan teknologi teknik pencitraan ultrasonografi

Bogor, IDN Times – Kemajuan sektor pertanian di masa mendatang sangat ditentukan oleh kemampuan suatu negara menghasilkan produk-produk berkualitas yang memiliki daya saing tinggi dan berkelanjutan, melalui inovasi teknologi.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Idha Widi Arsanti, menyampaikan bahwa Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) berkomitmen untuk membangun sumber daya manusia pertanian yang andal, kreatif, profesional, mencetak generasi milenial (pengusaha pertanian), dan berjuang mewujudkan pertanian maju mandiri dan modern.

1. Dosen Polbangtan Bogor melakukan penelitian dengan teknologi teknik pencitraan ultrasonografi

Polbangtan Bogor Manfaatkan Teknologi Saat Meneliti Sapi Belgian BlueIDN Times/Kementan

Salah satu inovasi teknologi yang saat ini sedang digarap adalah pemanfaatan teknologi teknik pencitraan ultrasonografi untuk melakukan penelitian kualitas karkas sapi Belgian Blue. Penelitian ini dilakukan Dosen Polbangtan Bogor, diharapkan hasil penelitiannya diadopsi dan diterapkan para petani milenial, khususnya wilayah Jawa Barat. Salah satu peralatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemindaian USG yang merupakan teknik menangkap gambar dari dalam tubuh dengan menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi, tanpa melibatkan penggunaan rontgen. 

Gelombang suara yang dipancarkan dari perangkat genggam yang disebut probe atau transduser. Setelah memukul tubuh kita, suara yang dipantulkan dan ditangkap oleh penyelidikan yang sama, kemudian diproses oleh komputer menjadi gambar visual yang nyata.

2. Diharapkan sapi Belgian Blue dapat mewujudkan swasembada daging

Polbangtan Bogor Manfaatkan Teknologi Saat Meneliti Sapi Belgian Bluewormsandgermsblog.com

Objek dalam penelitian ini adalah sapi Belgian Blue. Seperti namanya, sapi Belgian Blue berasal dari Belgia memiliki sifat pertumbuhan otot lebih cepat sehingga menghasilkan daging lebih banyak dengan sedikit lemak. Belgian Blue mudah dikenali dari ukurannya yang bongsor dan otot-ototnya yang menyembul.

Komposisi karkas pada sapi Belgian Blue tergolong tinggi. Komposisi kulit yang tipis dan organ dalam (jeroan) yang kecil, membuat sapi ini dapat menghasilkan karkas hingga 80 persen. Dengan segala keunggulan tersebut, diharapkan sapi Belgian Blue dapat mewujudkan swasembada daging. 

3. Pengembangan sapi Belgian Blue melalui mekanisme TE dan IB

Polbangtan Bogor Manfaatkan Teknologi Saat Meneliti Sapi Belgian Bluenusakini.com

Proses pengembangan sapi Belgian Blue ini merupakan satu upaya untuk meningkatkan jumlah produksi daging sapi dengan cara meningkatkan produktivitas daging sapi per ekor. Pengembangan sapi ini dilakukan melalui mekanisme transfer embrio (TE) dan inseminasi buatan (IB) di Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang.

Hasil penelitian ini nantinya akan dikembangkan dan diterapkan oleh petani milenial yang berlokasi di empat provinsi PPIU yakni, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan. Hal ini merupakan upaya Kementan melalui Program YESS ‘Gerakkan Diversifikasi Pangan Lokal’, salah satunya peternakan. 

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya