Cetak Wirausaha Muda Pertanian, Program YESS Dorong Regenerasi Petani 

Mentan upayakan percepatan regenerasi pertanian

Jakarta, IDN Times – Seiring berkembangnya pengetahuan dan teknologi, perlahan generasi milenial mulai tertarik berkiprah di sektor pertanian. Oleh karena itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menargetkan hadirnya jutaan petani dan pengusaha milenial di sektor pertanian. Mentan meyakini tumbuhnya pengusaha muda di sektor pertanian akan mampu memperkecil angka pengangguran di tanah air.

1. Regenerasi petani butuh sosok figur milenial sukses di sektor pertanian

Cetak Wirausaha Muda Pertanian, Program YESS Dorong Regenerasi Petani IDN Times/Kementan

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, mengatakan bahwa dalam upaya mempercepat regenerasi petani dibutuhkan sosok figur milenial sukses di sektor pertanian. 

“Dibutuhkan sekelompok anak muda yang memiliki loyalitas dan integritas untuk memajukan pertanian Indonesia. Sudah saatnya pertanian dikelola oleh generasi milenial yang menggunakan kreativitas dan inovasinya, sehingga pertanian ke depan menjadi pertanian maju, mandiri, dan modern yang tak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya, tetapi juga berorientasi ekspor. Saat ini kita telah memiliki banyak petani milenial sekaligus wirausahawan di bidang pertanian. Sebut saja Sandi Okta Susila dan Rizal; Ulus Pirnawan; dan Agus Ali Nurdin di Jawa Barat. Sosok-sosok inilah yang akan mendorong tercetaknya petani milenial yang menguasai teknologi pertanian dan bisa menjadi mitra usaha pemuda di pedesaan,” papar Dedi.

2. Program YESS dirancang untuk menghasilkan wirausahawan muda pertanian di pedesaan

Cetak Wirausaha Muda Pertanian, Program YESS Dorong Regenerasi Petani IDN Times/Kementan

Menurut Kepala Pusat Pendidikan Pertanian sekaligus Direktur YESS, Idha Widi Arsanti, banyak program pemerintah mempromosikan pertanian yang berkelanjutan dan meningkatkan minat generasi muda untuk terjun dan berperan aktif membangun pertanian. Salah satunya Youth Entrepreneurship and Employment  Support Services (YESS) yang merupakan kerja sama antara Kementerian Pertanian (Kementan) dengan International Fund For Agricultural Development (IFAD). YESS dirancang untuk menghasilkan wirausahawan muda pedesaan di bidang pertanian dan untuk menghasilkan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian. 

Saat ini sasaran YESS adalah pemuda yang ingin atau berminat di bidang pertanian. Ada empat provinsi yang menjadi lokasi dari program YESS, yakni Kalimantan Selatan (Banjarbaru, Tanah Laut, Tanah Bumbu), Sulawesi Selatan (Bantaeng, Bone, Bulukumba, Maros), Jawa Barat (Sukabumi, Cianjur, Tasikmalaya, Subang), dan Jawa Timur (Malang, Pasuruan, Tulungagung, Pacitan).

3. Seluruh pihak penting terlibat dalam keberhasilan Program YESS

Cetak Wirausaha Muda Pertanian, Program YESS Dorong Regenerasi Petani IDN Times/Kementan

Pada pembukaan rapat koordinasi dan konsolidasi Program YESS 2020 di Bogor (18/6), Project Manager YESS, Inneke Kusumawati, mengatakan keberhasilan Program YESS akan menjadi tolok ukur untuk kegiatan program pengembangan pemuda tani dan kewirausahaan muda di tingkat nasional maupun internasional. Dengan demikian, pengelolaannya harus dilakukan dengan baik oleh tenaga yang profesional dan berkomitmen tinggi. Dalam pertemuan yang melibatkan manajer serta penanggung jawab YESS wilayah Jawa Barat, Inneke mengharapkan kerja sama dan kerja keras seluruh pihak, baik pusat maupun daerah. 

“Sinergi dan koordinasi harus dimulai dari penentuan data CPCL hingga proses pendampingannya nanti. Peran pemerintah daerah seperti Kepala Daerah/ Bupati, Sekda, BAPPEDA, Dinas Pertanian, maupun Kadis lingkup kabupaten, pimpinan lembaga pendidikan setempat, tokoh masyarakat, LSM , mitra usaha/industri, serta petani muda setempat sangat diperlukan,” jelas Inneke.

Program YESS melibatkan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dan Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S)  sebagai Business Development Service Provider (BDSP) atau penyedia jasa konsultasi usaha. Tidak hanya BPP dan P4S, YESS pun menggandeng Duta petani milenial  yang telah dikukuhkan oleh Kementerian Pertanian untuk meningkatkan minat pemuda di wilayah pedesaan untuk menekuni sektor pertanian.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya