Program YESS Kementan Gandeng IPB Lakukan Metode Pembelajaran TEFA 

Cetak wirausaha pertanian kompeten, handal, dan profesional

Jakarta, IDN Times – Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam setiap kesempatan mengatakan, wirausaha sangat penting dalam pembangunan pertanian. Salah satu program Kementerian Pertanian menggerakkan kreativitas generasi milenial untuk berkarya dan berwirausaha di sektor pertanian adalah Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) yang dibiayai oleh International Fund for Agricultural Development (IFAD). 

1. Program YESS berdayakan petani muda di perdesaan

Program YESS Kementan Gandeng IPB Lakukan Metode Pembelajaran TEFA IDN Times/Kementan

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, berharap melalui Program YESS akan terwujud regenerasi pertanian dengan jiwa wirausaha pertanian yang handal, profesional dan berdaya saing. Dengan demikian, pertanian akan menjadi lapangan kerja menarik, prospektif dan menguntungkan serta berdampak menurunkan angka pengangguran di perdesaan. Program YESS memberdayakan para pemuda tani untuk memanfaatkan sumber daya alam pertanian di perdesaan, secara optimal, profesional, menguntungkan dan berkelanjutan. Sudah saatnya pertanian menjadi pertanian maju, mandiri, dan modern di tangan generasi milenial pertanian.

2. Menyiapkan regenerasi pertanian perlu didukung metode pembelajaran TEFA

Program YESS Kementan Gandeng IPB Lakukan Metode Pembelajaran TEFA IDN Times/Kementan

Menurut Direktur YESS, Idha Widi Arsanti, dalam melaksanakan Program YESS, khususnya menyiapkan generasi milenial untuk siap berusaha di bidang pertanian sebagai wirausahawan handal dan berdaya saing, berkompeten, dan profesional, diperlukan penyelenggaraan pendidikan berbasis kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), melalui metode pembelajaran TEFA (Teaching Factory/Teaching Farm). Saat ini, pembelajaran  TEFA ini sudah banyak dijalankan dan diusahakan, sesuai spesifikasi lokalita/keunggulan komoditas wilayah. 

3. Program YESS gandeng IPB bangun konsep standarisasi TEFA

Program YESS Kementan Gandeng IPB Lakukan Metode Pembelajaran TEFA polbangtan-bogor.ac.id

Guna meningkatkan kualitas pelaksanaan kegiatan TEFA, Program YESS menggandeng IPB melakukan kajian studi dan standar desain dengan hasil berupa rancang bangun konsep standarisasi TEFA (tata ruang, tata letak, dan tata kelola) untuk Polbangtan dan SMK PP di lokasi program YESS.  Adapun kegiatan TEFA bertujuan untuk mempersiapkan calon wirausaha muda dan tenaga kerja yang kompeten, handal, dan profesional, serta menyusun standar sarana dan prasarana laboratorium TEFA di setiap Polbangtan dan SMK PP. Kajian ini menyasar kepada kelompok Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) terdahulu dan saat ini masih melakukan usaha taninya.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya