Menaker Ida: RUU Cipta Kerja Bergigi Kuat dan Tidak Ompong

Sosialisasi RUU Cipta Kerja kepada pekerja Pertamina

Jakarta, IDN Times – Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, terus menyosialisasikan RUU Cipta Kerja, khususnya klaster ketenagakerjaan bagi seluruh stakeholder terkait. Pada Kamis (15/10), Menaker Ida berdialog secara virtual dengan sekitar 1.308 pekerja dan manajemen Pertamina di lingkungan Subholding Upstream PT Pertamina Hulu Energi, dari seluruh lokasi perusahaannya di Indonesia.

“Proses pembahasan UU Cipta Kerja ini sangat terbuka. Rapat-rapat di Raker, Panja, dan Baleg dapat diakses melalui banyak kanal. Ada live streaming, liputan dari TV Parlemen, bisa juga dari YouTube. Sepanjang karier saya di DPR, baru kali ini saya lihat ada proses pembahasan yang menit demi menit bisa diakses publik. Jadi tuduhan bahwa kita mengendap-ngendap itu tidak benar,” papar Menaker Ida membuka dialog dengan para pekerja dan direksi Pertamina.

1. Menaker Ida tegaskan bahwa UU Cipta Kerja ini tidak ompong

Menaker Ida: RUU Cipta Kerja Bergigi Kuat dan Tidak OmpongMenaker Ida sosialisasi RUU Cipta Kerja (Dok.Kemnaker)

Menaker Ida juga menegaskan beberapa klarifikasi, di antaranya tentang tuduhan bahwa UU ini akan ompong karena pasal-pasal tentang sanksi dari UU lama dihapus. 

“Ini misleading lagi. Sanksi tetap ada, kita adopsi dari UU lama, baik sanksi pidana maupun administratif. UU ini bergigi kuat, tidak ompong,” ucapnya.

Baca Juga: Menaker Ida Fauziyah Berjanji Teruskan Seluruh Program Ketenagakerjaan

2. Kemnaker menambahkan ‘vocational training benefit’ pada JKP

Menaker Ida: RUU Cipta Kerja Bergigi Kuat dan Tidak OmpongMenaker Ida sosialisasi RUU Cipta Kerja (Dok.Kemnaker)

Sebagai bukti komitmen terhadap peningkatan kompetensi, dalam skema Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) Kemnaker memasukkan tambahan vocational training benefit. Artinya, pekerja ter-PHK berhak atas pelatihan dan sertifikasi gratis, sambil menunggu mendapat pekerjaan baru. 

“Sehingga saat ada lowongan kerja, sudah punya sertifikat kompetensi. Bisa nego gaji lebih tinggi,” sambung Menaker Ida.

3. Kedatangan Menaker Ida disambut hangat oleh pekerja Pertamina

Menaker Ida: RUU Cipta Kerja Bergigi Kuat dan Tidak OmpongMenaker Ida sosialisasi RUU Cipta Kerja (Dok.Kemnaker)

Sosialisasi Menaker Ida kepada pekerja Pertamina ini mendapat sambutan hangat karena dapat menjelaskan berbagai hoaks yang berkembang. Menteri Ida juga berulang kali mengapresiasi Pertamina yang berinisiatif untuk mendengarkan langsung penjelasan tentang RUU Cipta Kerja. Hal ini penting agar berita-berita yang tidak terkonfirmasi dapat diabaikan. 

Dalam kesempatan ini, Menaker Ida didampingi Dirjen Pengawasan dan K3, Haiyani Rumondang dan Kepala Biro Humas Soes Hindharno. Sementara dari Pertamina hadir Direktur Utama Subholding Upstream, Direktur HRD, dan jajaran penunjang bisnisnya. (CSC)

Baca Juga: Menaker Ida Fauziah: Hati Saya Bersama Kalian dan Mereka yang Nganggur

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya