Program YESS Kementan dan P4S Cilangkap Cetak Wirausaha Muda Pertanian

Salah satunya wirausaha budidaya burung puyuh

Sukabumi, IDN Times – Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) sebagai salah satu program Kementerian Pertanian (Kementan) dalam upaya regenerasi petani menggandeng sejumlah wirausaha agribisnis untuk menjadi agen perubahan.

Salah satunya Slamet Wuryadi, peternak burung puyuh dari Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Cilangkap, Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat. Tidak hanya  fokus di budidaya burung puyuh, ia pun mengembangkan olahan pascapanen seperti telur puyuh, daging puyuh yang diolah menjadi produk frozen food, hingga pengolahan kotoran (kohe) puyuh.

1. Program YESS bertujuan untuk mencetak wirausaha muda di bidang pertanian

Program YESS Kementan dan P4S Cilangkap Cetak Wirausaha Muda PertanianIDN Times/Kementan

Program YESS yang merupakan kolaborasi antara Kementerian Pertanian RI dan International Fund for Agricultural Development (IFAD) memiliki tujuan untuk mencetak wirausaha muda di bidang pertanian. Program YESS ditargetkan kepada pemuda dengan usia 16-35 tahun di empat provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

2. Prospek usaha burung puyuh cukup menjanjikan

Program YESS Kementan dan P4S Cilangkap Cetak Wirausaha Muda PertanianIDN Times/Kementan

Dari segi kesehatan, telur dan daging puyuh memiliki kandungan protein dan omega yang tinggi. 

“Burung puyuh memiliki waktu pemeliharaan yang singkat dan tidak rawan penyakit seperti unggas lainnya,” ujar Slamet Wuryadi.

Produksi harian telur puyuh di Indonesia baru di angka 4 juta butir. Sedangkan permintaan pasar terhadap telur puyuh mencapai 7 juta butir per harinya. Artinya, terdapat peluang yang besar apabila wirausaha muda hendak terjun di bidang ini. 

3. Kolaborasi YESS dan P4S Cilangkap diyakini dapat menggaet milenial terjun di usaha bidang pertanian

Program YESS Kementan dan P4S Cilangkap Cetak Wirausaha Muda PertanianIDN Times/Kementan

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Kapusdiktan), Idha Widi Arsanti, menyampaikan generasi milenial merupakan penggerak ekonomi nasional, terutama pertanian guna mendukung regenerasi petani. 

“Wirausaha sangat penting, makanya kita harus mengedukasi generasi milenial bahwa berusaha di sektor pertanian sangat menguntungkan.  Melalui program YESS, P4S diharapkan dapat mentransformasi pengetahuan  melalui  pelatihan agar para milenial mampu mengikuti kesuksesannya di agribisnis, khususnya untuk daerah Jawa Barat. Dengan demikian, target program YESS untuk mencetak 32.500 kaum muda yang mendapatkan pekerjaan di sektor berbasis pertanian dan 33.800 pengusaha muda pedesaan dapat tercapai,” ungkap Idha.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya