Comscore Tracker

Kata-kata Penting Jokowi di Sesi Pertama Debat Pamungkas Pilpres 2019

Jokowi akan cegah ekspor dalam bentuk mentahan

Jakarta, IDN TImes - Debat Pilpres kelima antara pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Sabtu (13/4). Kedua pasangan mendapat pertanyaan pertama dari moderator debat.

Pertanyaanya yakni strategi dan kebijakan yang akan dilakukan untuk menjaga stabilitas harga komoditas pertanian dan perikanan, sehingga sektor ini menarik bagi millennial untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim dan agraris.

Berikut poin-poin penting dari jawaban capres nomor urut 01 Jokowi:

- Strategi ke depan baik di bidang perikanan maupun di bidang pertanian adalah hilirisasi, adalah industrialisasi perlu dibangun industri-industri perikanan sebanyak-banyaknya pengolahan pengalengan.

- Sehingga kita mengekspor dalam bentuk barang-barang yang sudah olahan, sudah packaging di sini, sudah dilabeling di sini, sudah dibangun brand dari sini.

- Untuk komoditas-komoditas perkebunan ke depan kita harus berani melakukan hilirisasi. 

- Mencegah ekspor kita tidak dalam bentuk mentahan, tetapi minimal barang setengah jadi atau kita tekan agar dikirim dalam bentuk barang jadi.

- Juga untuk bidang-bidang yang berkaitan dengan produk pertanian, kita tahu anak-anak muda sekarang sudah membangun ekosistem online.

- Kalau ini bisa disambungkan dengan ekosistem offline dari produk-produk pertanian, akan memudahkan petani-petani langsung berhubungan dengan konsumen, berhubungan dengan pembeli lewat digital ekonomi.

Baca Juga: Jokowi: Sebentar Lagi Kita Akan Buka Halal Park di Dekat GBK

Topic:

  • Sunariyah

Just For You