Menteri Rudiantara Sebut IDN Times sebagai Model Bisnis Media Baru

Investor tak bisa menjadi pengendali media

Surabaya, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, mengatakan bahwa media saat ini harus terus berinovasi di tengah ketatnya persaingan digital. Ia meyebut IDN Times sebagai salah satu contoh yang mampu menjadi model baru di dunia media. 

"Kita ada start up, sebut IDN Times yang sudah di Serie C dan kumparan dengan model yang baru," kata Rudiantara ketika memberi sambutan dalam Konvensi Nasional Media Massa di Hotel Sheraton Surabaya, (8/2).

1. IDN Times model media baru

Menteri Rudiantara Sebut IDN Times sebagai Model Bisnis Media BaruDok. IDN Media

IDN Times dan kumparan, kata Rudiantara, memiliki sistem bisnis media yang baru. Pada model bisnis media lama, investor dengan dana terbesar akan menjadi pengendali perusahaan. Akan tetapi, hal itu tidak terjadi pada IDN Media. Bentuk start up memungkinkan adanya pemisahan antara kepemilikan dengan investasi media. "Pola bisnis media daring harusnya seperti itu," kata dia.

2. Pemilik media tetap menjadi pengendali meski bukan pemegang saham mayoritas

Menteri Rudiantara Sebut IDN Times sebagai Model Bisnis Media BaruIDN Times/Edwin Fajerial

Dengan begitu, Rudiantara melanjutkan, pemilik media tetap akan menjadi pengendali  meski jumlah sahamnya kalah banyak dengan investor. "Investor hanya sebatas menyimpan uangnya di media itu. Mereka tidak sampai duduk di manajemen," ujarnya.

3. Rudiantara sebut IMR 2019 sebagai laporan tentang millennial paling lengkap

Menteri Rudiantara Sebut IDN Times sebagai Model Bisnis Media BaruIDN Times/Edwin Fajerial

Rudiantara juga menyinggung Indonesia Millennial Report (IMR) 2019 yang dirilis IDN Times beberapa waktu lalu. Menurutnya, IMR 2019 merupakan survei millennial paling lengkap. Bahkan, dia mengaku sedang usahakan jalan untuk bekerja sama dengan IDN Times untuk menyajikan data seperti itu."Kemkominfo ingin jadikan IDN Times sebagai partner data," ujarnya.

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa AJI dan IJTI Minta Hari Pers Nasional Direvisi

4. Rudiantara sebut tak perlu takut digitalisasi

Menteri Rudiantara Sebut IDN Times sebagai Model Bisnis Media BaruIDN Times/Edwin Fajerial

Menurut Rudiantara, media tak perlu takut datangnya digitalisasi. Digitalisasi, kata dia, hanya sebagai alat. "Perubahan bisnis media seperti itulah sejalan dengan datangnya digitalisasi media," katanya.

5. HPN usung tema digitalisasi media

Menteri Rudiantara Sebut IDN Times sebagai Model Bisnis Media BaruIDN Times/Edwin Fajerial

Hari Pers Nasional sendiri tahun ini memang mengambil tema tentang digitalisasi media dalam memperkuat ekonomi kerakyatan. Sejak awal pekan lalu, berbagai acara digelar meramaikan HPN di Surabaya. Rencananya, puncak HPN akan dihadiri oleh Presiden Jokowi esok, Sabtu (9/2), di Grand City Surabaya. 

Baca Juga: TKN: Pernyataan Rudiantara Soal ASN Tak Berkaitan dengan Pilpres 

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya