5 Alasan Millennials Harus Menghindari Golput dalam Pemilu

Kamu ikut menentukan masa depan bangsa Indonesia lho!

Dari keseluruhan jumlah total pemilih dalam pemilu tahun 2019 mendatang, ternyata 40 persen dari data tersebut terdiri dari golongan millennials. Sedangkan para millennials sendiri cenderung cuek dengan urusan politik.

Dari ketidaktahuan mereka mengenai kandidat capres dan cawapres ataupun karena seringkali merasa suara mereka tidak pernah didengar. Hal ini menyebabkan millennials memilih untuk tidak menggunakan hak pilih mereka dalam menentukan siapa yang berhak memimpin bangsa Indonesia.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh masing-masing paslon untuk meningkatkan sikap demokrasi para milennials, dari melakukan kampanye yang tertib sampai menggunakan media kekinian untuk menarik simpati generasi milennials.

Namun, upaya tersebut tidak akan berhasil jika tidak disertai kesadaran diri masing-masing. Millennials harus tahu pentingnya menggunakan hak pilih mereka dalam menentukan masa depan bangsa. Berikut ada 5 alasan agar para millennials menghindari golput.

1. Gak semua orang memiliki hak pilih seperti kamu

5 Alasan Millennials Harus Menghindari Golput dalam PemiluIDN Times/Abraham Herdyanto

Untuk penduduk yang belum mencapai usia 17 tahun dan belum memiliki ktp serta mereka yang belum terdaftar sensus penduduk tidak berhak memilih atau tidak memiliki hak pilih. Sedangkan mereka sendiri ingin sekali suara mereka didengar dalam pemilu.

Nah, kamu yang memiliki hak pilih kenapa harus golput sedangkan banyak di luar sana yang berusaha agar mendapatkan hak pilih.

2. Pilihanmu menentukan masa depan bangsa

5 Alasan Millennials Harus Menghindari Golput dalam Pemiluberdikarionline.com

Gak peduli sebanyak apapun jumlah pemilih dalam pemilu mendatang, yang jelas suaramu akan terhitung. Dengan ini, kamu ikut menentukan masa depan bangsa Indonesia sendiri dengan hak pilih yang kamu miliki. Jika millennials tidak menggunakan hak pilih mereka, siapa lagi yang akan berusaha memperbaiki bangsa Indonesia?

Baca Juga: Berkaca pada Kecurangan Pilkada, Parpol Harus Siapkan Saksi di Pemilu

3. Kandidat yang terpilih dalam pemilu akan mempengaruhi hidupmu

5 Alasan Millennials Harus Menghindari Golput dalam PemiluIDN Times/Sukma Shakti

Siapapun yang terpilih sebagai presiden dalam pemilu 2019 mendatang memiliki keinginan untuk memperbaiki Indonesia. Mereka memiliki program kerja yang akan mengubah hidupmu kedepannya. Dan kamu berkesempatan untuk menentukan siapa yang berhak untuk memimpin bangsa Indonesia.

Millennials harus menggunakan hak pilih mereka, karena siapapun yang terpilih nanti akan mempengaruhi kehidupan mereka nantinya. Namun, jika kamu memilih golput, berarti sama saja kamu membiarkan apa yang akan terjadi dalam hidupmu mendatang ditentukan oleh orang lain, bukan dirimu sendiri.

4. Demokrasi didapatkan dengan perjuangan yang tidak mudah

5 Alasan Millennials Harus Menghindari Golput dalam Pemiluelshinta.com

Siapa yang mengatakan demokrasi kita dapatkan hanya dengan membalik telapak tangan. Karena sesungguhnya demokrasi kita dapatkan dengan perjuangan tanpa henti oleh para generasi terdahulu. Mereka mengorbankan nyawa mereka demi menuntut demokrasi hingga sampai dalam masa reformasi.

Mereka berharap dengan diadakannya demokrasi, Indonesia akan memiliki sosok pemimpin yang dapat membawa negara kita menjadi negara maju yang mapan. Dalam era sekarang, perjuanganmu cukup dengan menggunakan hak pilihmu. Jadi gunakanlah hak tersebut dengan baik dan jangan disia-siakan.

5. Milennials gak perlu takut dan ragu untuk menyuarakan hak mereka

5 Alasan Millennials Harus Menghindari Golput dalam PemiluDok. Pribadi

Dengan era digital yang semakin berkembang, banyak sekali cara mudah agar suaramu didengarkan. Salah satunya adalah dengan platform yang diciptakan oleh IDN Media yang bernama #MillennialsMemilih. Platform ini bertujuan untuk menampung pertanyaan seputar Pilpres 2019 yang akan ditujukan kepada paslon terkait.

Dengan adanya #MillennialsMemilih, kamu dimudahkan untuk bertanya mengenai apapun yang berhubungan dengan kandidat capres dan cawapres. Jadi, hal ini akan memudahkan para millennials mengetahui siapa paslon yang menurut mereka cocok untuk memimpin bangsa.

Caranya juga terbilang sangat mudah, kamu cukup login lalu membuat pertanyaan untuk para paslon. Untuk pertanyaan yang terpilih akan diadakan vote dan berkesempatan mendapatkan hadiah menarik.

Sudah dibeberkan beberapa alasan mengapa kamu harus menghindari golput dalam pemilu mendatang. Jangan sampai membiarkan orang lain menentukan pilihanmu. Jadilah pemilih yang cerdas karena masa depan bangsa berada di tanganmu.

Baca Juga: #MillennialsMemilih, IDN Times Ajak Pemuda Aktif di Pesta Demokrasi

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya