Asyikk, Sekarang Kita Bisa Pinjam Koleksi Perpustakaan Via Smartphone

Keren banget!

Hai guys, sudah tahu belum kalau sekarang kita bisa meminjam buku tanpa harus pergi ke perpustakaan? Nah, lho. Kok bisa? Bisa dong. Karena kini hadir aplikasi yang memudahkan kamu membaca referensi via smartphone. Aplikasi baru ini bernama iJakarta dan diluncurkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. 

Apa itu iJakarta?

Asyikk, Sekarang Kita Bisa Pinjam Koleksi Perpustakaan Via SmartphoneSumber Gambar: facebook.com/ijakarta.apps

iJakarta merupakan aplikasi perpustakaan digital pertama di Indonesia yang membuat kamu bebas meminjam buku yang dimiliki Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI via smartphone kamu kapanpun dan dimanapun kamu berada. Keren kan? Jadi kamu nggak harus pergi ke perpustakaan DKI Jakarta buat meminjam koleksi buku-bukunya.

Meminjam buku via aplikasi iJakarta ini nggak sembarang lho guys, Nggak seperti kita bebas membaca e-book dari laman internet yang kapanpun bisa kita download dan langsung bisa di baca. Agar bisa meminjam ebook ini kita harus memiliki ketentuan layaknya meminjam buku di perpustakaan konvensional. Jadi, satu e-book hanya bisa di akses oleh satu orang saja. So, harus ngantri dulu dong yaa..

Apakah Indonesia yang pertama menerapkan aplikasi ini?

Asyikk, Sekarang Kita Bisa Pinjam Koleksi Perpustakaan Via SmartphoneSumber Gambar: dailysocial.net

Beberapa negara telah terlebih dahulu menggunakan aplikasi ini. Seperti British Library yang menggunakan layanan ini untuk layanan Brand licensing, Sound Archive reference, Document Supply service, British Library Prints, Images Online, Imaging Service, Metadata Service, Newspaper Copy Service, Online Shop, Permission, dan Publishing. Semua layanan ini dapat dinikmati dan diakses di internet melalui website Perpustakaan mereka.

Ada juga Perpustakaan Digital Negara Tiongkok yang sudah mempublikasikan 720.000 jilid buku digital online. Wah, ternyata Indonesia nggak kalah dengan negara-negara tersebut. Perkembangan Indonesia sebagai negara berkembang patut di acungkan jempol nih.

Bagaimana sisi lain dari penggunaan aplikasi IJakarta? 

Asyikk, Sekarang Kita Bisa Pinjam Koleksi Perpustakaan Via SmartphoneSumber Gambar: news.hargatop.com

Nggak bisa dipungkiri, di zaman seperti sekarang teknologi lebih dilirik dibandingkan sarana konvensional. Layaknya inovasi teknologi lainnya, iJakarta pasti memiliki plus-minus yang nggak mungkin kita sangkal.

Kelebihannya seperti apa sih?

1. Semakin menumbuhkan minat baca masyarakat karena aplikasinya yang mudah di akses.

2. Meminimalisir pembajakan. Biasanya pembajakan dalam rangka menggandakan buku-buku di perpustakaan.

3. Bebas akses dari manapun kita mau, bahkan sambil tiduran juga bisa.

4. Nggak akan ada lagi deh yang namanya membaca buku yang sobek dan tulisan yang pudar karena dimakan rayap.

Asyikk, Sekarang Kita Bisa Pinjam Koleksi Perpustakaan Via SmartphoneSumber Gambar: dailysocial.net

Lalu kekurangannya?

1. Jadi nggak sehat, karena kamu males bergerak kan? Tinggal buka aplikasi via smartphone kamu. Beres deh!

2. Kamu nggak akan pernah tahu, gimana nikmatnya merasakan atmosfer di perpustakaan dengan berbagai koleksi buku yang berlimpah, dalam artian buku sebenarnya.

3. Jika nggak ada koneksi internet, yaa say good bye deh!

Cara download aplikasinya gimana?

Asyikk, Sekarang Kita Bisa Pinjam Koleksi Perpustakaan Via SmartphoneSumber Gambar: facebook.com/ijakarta.apps

Aplikasi ini dapat diakses melalui smartphone dengan platform Android, iOS, dan Windows. Tinggal download aja di appstrore untuk IOS  atau google play store untuk android. Sedangkan untuk desktop bisa di akses di ijakarta.id . Kamu juga bisa akses sosial medianya twitter.com/ijakarta_apps dan facebook.com/ijakarta.apps.

Ketika menggunakan iJakarta untuk pertama kali, kamu tidak akan langsung dihadapkan pada halaman untuk mendaftar menjadi anggota, tetapi pada halaman buku populer. Untuk mendaftar menjadi anggota, kamu bisa menautkan akun Facebook atau menggunakan email pribadi. Keren kan?

Tertarik? Segera download aplikasinya, dan kamu bebas deh buat meminjam koleksi ebook tersebut.

Topik:

Berita Terkini Lainnya