Comscore Tracker

Warga Penajam Paser Utara Positif COVID-19 Akibat Tertular Suaminya

Dua anak mereka masih menunggu hasil tes swab

Penajam, IDN Times - Warga Kelurahan Nenang, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dinyatakan positif virus corona atau COVID-19, diduga akibat tertular suaminya, yakni pasien dengan kode BPN 50, yang sudah lebih dahulu positif virus corona dan dirawat di Balikpapan. Pasien perempuan ini menjadi pasien dengan kode PPU 20.

“Jumat kemarin (5/6) hasil swab terkonfirmasi positif pasien PPU 20 diketahui, di mana warga ini merupakan istri pasien virus corona ke-50 (BPN 5) di Kota Balikpapan. Sementara dua anaknya hasilnya (swab) belum kami terima,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten PPU dr Arnold Wayong kepada IDN Times, di Penajam, Keltim, Minggu (7/6).

1. Ibu dan kedua anaknya semula berstatus ODP

Warga Penajam Paser Utara Positif COVID-19 Akibat Tertular SuaminyaAhmad Bariani pasein sembuh corona PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Arnold menjelaskan, pasien PPU 20 yang berusia 45 tahun itu semula berstatus orang dalam pemantauan (ODP), begitu juga kedua anaknya. Hasil rapid test mereka bertiga reaktif, sehingga dilanjutkan dengan pemeriksaan swab.

“Pasien PPU 20 serta dua orang anaknya berjenis kelamin laki-laki usia 25 dan 20 tahun sebelumnya mengaku telah kontak erat dengan pasien positif ke-50 (ayahnya) di Kota Balikpapan,” kata dia yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan PPU.

Baca Juga: [INFOGRAFIS] Penting! 25 Hal tentang Virus Corona di Indonesia

2. Ibu dan dua anaknya tengah menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Ratu Aji Putri Botung

Warga Penajam Paser Utara Positif COVID-19 Akibat Tertular SuaminyaRSUD RAPB PPU (IDN Times/ Istimewa)

Saat ini, Pasien PPU 20 dan kedua anaknya tengah menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Ratu Aji Putri Botung (RAPB) dengan kondisi stabil.

Sedangkan, suaminya sedang diisolasi di RSUD Kanujoso Djatiwibowo, Balikpapan. Sang suami merupakan anak buah kapal (ABK) di salah satu perusahaan di Balikpapan.

3. Sang suami sebelumnya kontak dengan warga sekitar, sehingga warga harus rapid test

Warga Penajam Paser Utara Positif COVID-19 Akibat Tertular SuaminyaLingkungan Perum BTN KM 4 Nenang, PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Sang suami sebelumnya sempat menghebohkan PPU lantaran silaturahmi dengan warga sekitar tempat tinggalnya, saat Hari Raya Idulfitri. Sehingga warga satu gang di Perumahan BTN Km 4 Kelurahan Nenang, terpaksa menjalani rapid test. 

“Pasien PPU 20 ada kontak dengan warga satu gang di BTN Km 4 Nenang ketika Idulfitri kemarin, sehingga dilakukan rapid test kepada warga tersebut secara bertahap," kata Arnold.

"Tahap pertama sebanyak 22 orang dan tahap kedua 10 warga lagi, sehingga total ada 32 orang yang berdomisili di gang (perumahan) harus di-rapid test dan hasilnya semua nonreaktif,” ungkap dia.

Warga yang mengikuti rapid test tersebut, merupakan hasil penelusuran tim pemburu virus corona dari Dinas Kesehatan PPU.

4. Ada 20 kasus virus corona di Penajam Paser Utara

Warga Penajam Paser Utara Positif COVID-19 Akibat Tertular SuaminyaInfografis COVID-19 PPU (Dok. Pemkab PPU)

Hingga saat ini, jumlah kasus virus corona di PPU ada sebanyak 260 kasus, yang terdiri dari ODP sebanyak 227 orang, dengan rincian 20 kasus masih dalam proses pemantauan dan 207 orang selesai pemantauan.

"Kemudian kasus pasien dalam pengawasan (PDP) yakni dalam proses pengawasan dua kasus, konfirmasi swab negatif 10 pasien, sembuh 14 kasus, dan pasien positif sebanyak enam kasus,” kata Arnold.

Baca Juga: [LINIMASA-3] Perkembangan Terkini Pandemik COVID-19 di Indonesia

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya