Comscore Tracker

Indonesia Adalah Negara Trilingual Terbesar, Bagaimana Bisa?

Unggul atas Israel dan Spanyol!

Sebuah lembaga survey SwiftKey membuat sebuah penelitian yang memberikan hasil membanggakan bagi Indonesia. Bagaimana tidak, dalam hasil penelitian tersebut, Indonesia termasuk dalam negara-negara trilingual. Apa itu trilingual? Trilingual adalah kemampuan seseorang untuk berbicara dalam tiga bahasa.

Ya, orang-orang Indonesia memiliki kemampuan itu lho! Nah, bukan hanya itu, Indonesia juga ditempatkan sebagai negara paling 'kaya' akan bahasa. Indonesia adalah negara dengan pengguna trilingual terbanyak!

Jawa, Inggris dan Indonesia.

Indonesia Adalah Negara Trilingual Terbesar, Bagaimana Bisa?wowshack.com

Dalam hasil riset yang dikeluarkan, SwiftKey menemukan kalau trilingual orang Indonesia adalah bahasa Jawa, Inggris dan Indonesia sendiri. Bahasa Indonesia sendiri adalah yang paling tinggi untuk digunakan. Ya, memang bukan rahasia lagi kalau bahasa Indonesia banyak digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

SwiftKey menghasilkan 17,4 persen orang Indonesia mampu berbicara tiga bahasa. Bukan hanya itu, Indonesia juga termasuk negara dengan pengguna bilingual (dua bahasa) terbesar ketiga dengan 57,3 persen. Untuk trilingual sendiri, Indonesia unggul atas Israel dan Spanyol.

Indonesia Adalah Negara Trilingual Terbesar, Bagaimana Bisa?wowshack.com

Israel menempati posisi dua dengan 11,4 persen masyarakatnya mampu berbicara lebih dari tiga bahasa. Sementara Spanyol mengikuti di tempat ketiga dengan 10,4 persen.

Baca Juga: 30 Kata dalam Bahasa Indonesia yang Tanpa Sadar Sering Kita Lecehkan

Negara Asia dan Eropa jadi negara dengan multi bahasa.

Indonesia Adalah Negara Trilingual Terbesar, Bagaimana Bisa?wowshack.com

Menurut SwiftKey, 27,5 persen masyarakat Indonesia bisa bicara multi bahasa (lebih dari satu). Israel sendiri didominasi bahasa Inggris, Ibrani dan Rusia. Sementara Spanyol adalah bahasa Katalan, Inggris dan Spanyol sendiri. Uniknya, negara-negara di Eropa dan Asia memang dikenal memiliki multi bahasa.

Lima besar negara bilingual adalah Israel (74,7 persen), Mesir (68,0 persen), Indonesia (57,3 persen), Arab Saudi (53,5 persen) dan Swedia (51,0 persen). Sementara untuk lima besar trilingual, setelah Indonesia, Israel dan Spanyol, ada Belanda (10,1 persen) serta Swedia (9,7 persen).

Membanggakan bukan? Nah, kamu sendiri apakah trilingual? Apa saja bahasa yang kamu kuasai selain Indonesia?

Baca Juga: Belajar Bahasa Asing Gak Harus Bayar, 9 Situs Gratis Ini Bisa Jadi Guru Andalan!

Topic:

JADWAL SALAT & IMSAK

20
MEI
2019
15 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

18.59

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 20 May 2019 19:30:03

Progress: 746.484 dari 813.350 TPS (91.77894%)

Just For You