Titik Keramaian yang Jadi Lokasi Demo Buruh di Jakarta

Hindari titik-titik berikut ya!

Pada Minggu (1/5) mendatang, buruh akan kembali menyelenggarakan demo buruh yang bertepatan dengan Hari Buruh Sedunia. Jakarta menjadi salah satu lokasi dengan pengunjuk rasa terbesar di Indonesia. Maka, tidak heran masyarakat dianjurkan tidak melewati lokasi-lokasi yang rawan pengunjuk rasa.

Seperti dikutip dari kompas.com, Kadiv Humas Mabes Polri, Brigjen Boy Rafli Amar mengingatkan bahwa akan ada beberapa titik kumpulan para demonstran pada hari Minggu itu.

Lokasi di pusat kota Jakarta.

Titik Keramaian yang Jadi Lokasi Demo Buruh di JakartaSumber Gambar: indonesia-tourism.com

Di Jakarta Pusat, Istana Negara akan menjadi lokasi demo 'langganan'. Boy mengingatkan untuk tidak melewati jalan depan Istana Negara, jalan Medan Merdeka Utara.

Kemudian juga di GBK.

Titik Keramaian yang Jadi Lokasi Demo Buruh di JakartaSumber Gambar: pusakaindonesia.org

Lokasi yang tepat berada di tengah antara Jakarta Pusat dan Selatan membuat Stadioun Utama Gelora Bung Karno (GBK) menjadi lokasi yang pas untuk para demonstran berkumpul. Maka, jalan Pintu Satu Senayan juga diminta untuk dihindari.

Gedung MPR/DPR juga tak luput.

Titik Keramaian yang Jadi Lokasi Demo Buruh di JakartaSumber Gambar: bidik.co

Boy juga mengingatkan untuk jalan Jenderal Gatot Subroto, tepatnya depan gedung MPR/DPR.

Selain pusat Jakarta, utara Jakarta pun akan didatangi para demonstran.

Titik Keramaian yang Jadi Lokasi Demo Buruh di JakartaSumber Gambar: indonesiaport.co.id

Federasi Pekerja Pelabuhan Indonesia (FPPI) melalui Sekretaris Jenderalnya, Nova Hakim, seperti dilansir tempo.co, mengatakan bahwa pusat demo mereka ada di Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta Utara. Para buruh di pelabuhan juga dikabarkan akan mengikuti demo tersebut.

Baca Juga: Formulasi Pengupahan Dianggap Tidak Adil, Buruh Ancam Lakukan Demo Besar-Besaran

Lalu, bagaimana dengan jalur pergerakan buruh?

Titik Keramaian yang Jadi Lokasi Demo Buruh di JakartaSumber Gambar: infocarfreeday.com

Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, Kombes Risyapudin mengatakan bahwa Car Free Day (CFD) akan tetap berlangsung seperti biasa. Para demonstran akan dialihkan melalui jalan Kuningan agar tidak melewati kawasan CFD di Sudirman-Thamrin.

Titik Keramaian yang Jadi Lokasi Demo Buruh di JakartaSumber Gambar: video.kompas.com

Jalan tol yang akan dilewatkan para buruh dari luar Jakarta antara lain, Tol Cikampek dan Tol Jagorawi. Kendaraan yang mengangkut buruh itu akan diarahkan pihak kepolisian untuk keluar tol Tegal Parang lalu lewat kuningan dan berkumpul di kawasan Tugu Tani sampai IRTI (Merdeka Selatan) sebelum bergerak ke Istana Negara.

Sementara untuk para demonstran yang datang dari Tangerang dan Banten akan melalui tol Tomang kemudian diarahkan dari Tomang ke Harmoni, lalu Juanda dan berakhir di Tugu Adipura.

Lokasi parkir kendaraan para buruh.

Titik Keramaian yang Jadi Lokasi Demo Buruh di JakartaSumber Gambar: wego.co.id

Para buruh akan diperbolehkan untuk parkir di Masjid Istiqlal, Monas, Gambir, Lapangan Benteng, dan Parkir Timur Senayan (JCC).

Masa buruh yang akan memenuhi Jakarta diperkirakan mencapai 50.600 orang dari berbagai kota seperti Bogor, Bandung, Tangerang, Cirebon, Bekasi, Cilegon, Depok, Subang, Purwakarta serta Karawang. Pihak Polri juga mempersiapkan pengamanan mencapai lebih dari 16.000 personil yang merupakan gabungan Polisi, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan TNI.

Baca Juga: Hore! Upah Buruh Akan Meningkat Tiap Tahunnya

Topik:

Berita Terkini Lainnya