Ini Dia Pengalihan Arus Lalu Lintas yang Dilakukan Pada Demo Buruh Hari Ini!

Buruh diperkirakan padati tiga lokasi...

Diperkirakan lebih dari 15.000 orang akan memadati Jakarta dalam aksi demo buru yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) pada Kamis (29/9). Buruh-buruh yang berdemo datang dari Purwakarta, Cawang, Bekasi, Depok, Bogor, Tangerang, Serang dan Jakarta sendiri. Ada pun lokasi-lokasi yang akan jadi titik demo para buruh adalah gedung Mahkamah Konstitusi, Istana Negara, Mahkamah Agung sampai KPK.

Sementara Balai Kota DKI Jakarta akan jadi lokasi kumpul sebelum memulai pergerakan para buruh. Dalam surat Dewan Pimpinan Pusat KSPI sendiri tertera Patung Kuda akan jadi lokasi kumpul. Demo akan dimulai pada pukul 09.30. Diperkirakan demo dan pergerakan buruh akan berakhir sebelum Maghrib.

Sekretaris Jenderal KSPI Muhammad Rusdi, dilansir kompas.com, mengatakan bahwa aksi serentak secara nasional di 20 provinsi, 150 kabupaten/kota di Indonesia. Sementara itu, atas aksi yang telah disetujui Kepolisian Polda Metro Jaya pun akan tetap dijaga ketat.

Kepolisian berharap aksi berjalan damai.

Ini Dia Pengalihan Arus Lalu Lintas yang Dilakukan Pada Demo Buruh Hari Ini!gresnews.com

Dikutip dari antaranews.com, Wakil Kepala Polda Metro Jaya Brigadis Jenderal Polisi Suntana menjelaskan kalau KSPI dan kepolisian telah menyepakati beberapa poin. Poin-poin tersebutlah yang akan menjadi patokan dalam pengamanan aksi demo buruh hari ini.

Suntana menjelaskan bahwa pihaknya tidak ingin para buruh melakukan aksi yang merugikan orang lain. Mereka ingin buruh tetap demo dengan damai. Suntana inginkan kondisi yang kondusif karena ini masih tengah pekan dan masyarakat lain tetap beraktivitas.

Kemudian, kesepakatan jalur long march yang telah disebutkan di atas pun membuat kepolisian Metro Jaya pun membuat pengalihan arus di titik-titik rawan macet.

Baca Juga: Daftar 10 Negara dengan Jam Kerja Paling Ekstrim di Dunia!

Titik rawan macet dan pengalihan arus kendaraan.

Ini Dia Pengalihan Arus Lalu Lintas yang Dilakukan Pada Demo Buruh Hari Ini!kompasiana.com

Bundaran Hotel Indonesia (HI) diperkirakan akan jadi lokasi macet pertama. Lokasinya yang dekat dengan Balai Kota DKI menjadi alasan. Maka, dari arah Jalan Sudirman akan dialihkan ke Jalan Teluk Betung - Kebon Kacang - Dukuh Atas - Jalan Kendal. Kemudian, dari Dukuh Atas akan dialihkan menuju Tanah Abang dan Jalan Gunung Galunggung.

Setelah itu Kendaraan dari Patung Kuda dipastikan beralih ke Jalan Wahid Hasyim - Ahmad Salim atau Sanang menuju jalan Sutan Sahir. Sementara rute Istana Negara, lepas dari Balai Kota dari arah M. H. Thamrin ke Harmoni akan dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan - Jalan Abdul Muis - Jalan Majapahit - Gajah Mada atau Medan Merdekat Selatan - Medan Merdeka Timur sampai Medan Merdeka Utara dan Jalan Veteran.

Dari Harmoni sendiri akan diarah ke Jalan Juanda menuju Gedung Kesenian dan melewati Lapangan Banteng Utara dan Barat. Setelah itu dari Jalan Majapahit akan dialihkan menuju Abdul Musi - Budi Kemuliaan atau Kebon Sirih. Sementara kalau kamu dari Stasiun Kota, Jakarta Pusat menuju Harmoni, maka mengambil arah kiri akan dialihkan ke TL Olimo - Mangga Besar - Gunung Sahari - Jalan W. Pranoto - Pecenongan - Jalan Samanhudi. Sementara ke kanan akan langsung menuju Jalan Zainul Arifin.

Terakhir rute DPR/MPR RI di Jalan Gatot Subroto arah barat. Kendaraan dari arah Semanggi akan dialihkan ke Jalan Gelora menuju Palmerah Utara. Sementara kamu yang dari Jalan Sisingamangaraja atau Sudirman harus melewati Jalan Asia Afrika menuju Gelora dan Palmerah Utara. Kendaraan dari Jalan S. Parman akan dialihkan untuk melewati Pejompongan ke Penjernihan atau Gelora sendiri.

Tuntutan para buruh.

Ini Dia Pengalihan Arus Lalu Lintas yang Dilakukan Pada Demo Buruh Hari Ini!jakartakita.com

Para buruh ingin menghapusan PP Nomor 78 Tahun 2015 terkait Pengupahan yang dasar penetapannya dianggap tidak tepat. Sekjen KSPI Rusdi sendiri menganggap bahwa upah buruh minuman masih rendah. Tuntutannya adalah pada 2017 mendatang upah minimum adalah 650.000 rupiah.

Tuntutan tersebut bertujuan untuk mendongkrak daya beli buruh. Selain itu masalah Tax Amnesty pun dianggap merugikan buruh. Pengampunan pajak ini hanya menguntungkan pengusaha, bukan buruh yang mengaku taat membayar pajak penghasilan.

Buruh akan dikumpulkan di Balai Kota dan bergerak dengan membawa spanduk dan leaflet. Mobil boks dan 'mobil komando' juga akan diturunkan untuk menemani para buruh yang long march selama 8,5 jam ini.

Baca Juga: Untuk Semua Buruh di Indonesia, Yakinlah Perjuangan Kalian Ada Hasilnya

Topik:

Berita Terkini Lainnya