Sakdiyah Ma'ruf: Komika Muslimah Asal Indonesia yang Diakui Dunia

"Komedi membantu saya dekat dengan Allah"

Editor's note: Artikel ini pertama kali tayang pada Oktober 2016 dan telah disunting ulang untuk penyesuaian konteks dan format.

Agama adalah ajaran dan kepercayaan yang dipegang teguh oleh setiap orang. Sayangnya, terkadang agama dijadikan alat untuk mengekang seseorang. Dalam artian, seseorang tidak dapat melakukan hal umum yang dianggap tabu bahkan terlarang dalam ajaran tersebut. Salah tafsir sering terjadi, termasuk di dunia komedi.

Komedi sering dianggap sebagai distraksi. Sakdiyah Ma'ruf, seorang muslimah asal Indonesia, mencoba mendobrak pandangan itu dengan menjadi stand-up comedian atau sering disebut komika.

Baca Juga: Sakdiyah Ma'ruf, Komika Indonesia yang Masuk Daftar BBC 100 Women

1. Sakdiyah Ma'ruf satu-satunya wakil Indonesia di BBC 100 Women 2018

https://www.youtube.com/embed/QZuUCMLPYWM

Komika Sakdiyah Ma'ruf masuk dalam daftar 100 perempuan inspiratif dan berpengaruh di dunia tahun 2018 versi BBC. Dalam daftar tersebut, Sakdiyah berada di urutan ke 54.  

Dia disebut sebagai perempuan komedian tunggal muslim pertama dari Indonesia yang menggunakan komedi sebagai cara untuk menantang ekstremisme Islam dan kekerasan terhadap perempuan.

2. Menantang ekstremisme dengan komedi tunggal

Sakdiyah Ma'ruf: Komika Muslimah Asal Indonesia yang Diakui Duniayoutube.com

Sakdiyah adalah contoh bahwa agama bukanlah tembok yang menghalangi renjana pemeluknya. Aksi Sakdiyah di beberapa televisi nasional serta tur para komika membuat orang tertawa menuai pujian –terutama dari para fans stand-up comedy. Dia menjadikan sisi humornya menjadi senjata untuk melawan kekerasan atas nama agama dan budaya patriarki.

Dalam salah satu penampilan Sakdiyah dalam tur stand-up comedy di Indonesia, satu leluconnya bisa menggambarkan betapa bangganya dia dengan seni menghibur ini: 

Jebolan talent show stand-up comedy bisa nyanyi ya, jebolan talent show nyanyi belum tentu bisa melucu.

Akan tetapi, sebelum menjadi komika, ada perjuangan yang harus dilalui Sakdiyah.

3. Jalan komedi yang Sakdiyah pilih sempat ditentang oleh keluarga

Sakdiyah Ma'ruf: Komika Muslimah Asal Indonesia yang Diakui DuniaYoutube/TEDx Talks

Tidak mudah bagi Sakdiyah untuk jadi komika dengan statusnya sebagai wanita muslim. Dalam wawancara dengan The Sydney Morning Herald pada Oktober 2016, Sakdiyah menjelaskan kalau dulu dirinya tidak boleh keluar dari rumah usai pulang sekolah, tidak boleh mengikuti ekstrakulikuler dan organisasi siswa. Bahkan, Sakdiyah dilarang tahu siapa saja anggota organisasi yang berjenis kelamin laki-laki.

Ketika penampilan pertama di televisi nasional, Sakdiyah mengaku ber-stand-up tanpa sepengetahuan keluarga. Pasalnya orangtua sudah menolak habis-habisan ketika Sakdiyah mengaku ingin jadi komika. Maka, Sakdiyah bersyukur dirinya tidak membawa syok ke keluarga saat penampilan pertama.

Namun, lambat laun Sakdiyah pun lelah sembunyi-sembunyi dan menceritakan semua pada orangtuanya. Awalnya orangtua marah dan menolak kegiatan sang anak. Namun, akhirnya orangtua menerima keputusan Sakdiyah yang mengikuti hasratnya.

4. Komedi tidak mendistraksi, tapi mendekatkan dirinya dengan Tuhan

Sakdiyah Ma'ruf: Komika Muslimah Asal Indonesia yang Diakui DuniaTwitter/@sakdiyahmaruf

Kepada ABC.net.au, Sakdiyah mengaku kalau dirinya sering dicerca dengan pertanyaan mengapa dirinya memilih dunia komedi. Menanggapi cibiran ini, ia selalu beranggapan justru komedi yang membuatnya mengenal diri sendiri. 

Salah satu kenalannya bertanya tentang Al-Quran kepadanya, "Bagaimana bisa seorang Muslim jadi komedian, jika tertawa hanya mendistraksi fokus seseorang dari beribadah?"

Sakdiyah justru menjawabnya dengan pernyataan yang menenangkan. Dirinya mengaku lebih mengenal diri dan tidak pernah terdistraksi oleh komedi atau tertawa.

Seseorang yang mengenal diri sendiri justru akan lebih tahu tentang Penciptanya. Itulah kenapa stand-up comedy jadi alasanku lebih dekat dengan Allah. Karena melalui hal itu, aku lebih mengenal siapa diriku, orang-orang di sekitar dan Allah-ku sendiri.

5. Prestasi Sakdiyah sebelum pengakuan dari BBC

Sakdiyah Ma'ruf: Komika Muslimah Asal Indonesia yang Diakui DuniaTwitter/@gigihadiguna

Prestasi Sakdiyah memang menjadi perhatian lainnya. Sebelum masuk dalam jajaran BBC 100 Women, Sakdiyah menjadi peraih Vaclav Havel Prize dari Oslo Freedom Forum di tahun 2015 atas keberaniannya menyuarakan pendapat berbeda secara kreatif. 

Tentunya pendapat itu dirinya sampaikan saat tampil sebagai komika di panggung Indonesia dan internasional. November 2016, dia menjadi pembicara di salah satu kuliah umum di Sydney, Australia. Salut! Teruslah berkarya, Sakdiyah!

Baca Juga: 8 Teknik Stand Up Comedy Rahasia Sukses Jadi Komika

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya