Apresiasi Seniman, Banyuwangi Gelar Pameran Seni Selama Sepekan

Menyajikan karya seni lukis, fotografi, dan patung

Banyuwangi, IDN Times - Selama satu pekan pameran seni lukis, fotografi, dan patung disuguhkan di Pelinggihan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, 14-21 November 2020. Pameran ini menghadirkan puluhan karya perupa Banyuwangi.

Pameran seni yang bertajuk Sewu Gandrung ini melibatkan 65 seniman dan 22 fotografer. Beberapa seniman Banyuwangi seperti S. Yadi K, Elyeser, Hariyanto Koi, Diah L.S, N.Kojin, Windu, Pamor, Handoko, Slamet Sugiono, Yanto Kamela, Sugeng Waluyo, KRT Ilham Triadinagoro, Reni Agustin, dan lainnya turut andil dalam pameran kali ini.

Pameran ini digelar dengan menerapkan standar protokol kesehatan. Selain pameran, juga terdapat stand-stand UMKM yang menyediakan makanan dan minuman untuk pengunjung.

1. Momentum mewujudkan gotong royong di masa pandemi

Apresiasi Seniman, Banyuwangi Gelar Pameran Seni Selama SepekanDok. Pemkab Banyuwangi

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan pameran ini merupakan momentum untuk mewujudkan gotong royong dalam aksi nyata di masa pandemi Covid-19.

Anas mengapresiasi acara ini karena pameran ini bisa juga menjadi inspirasi bagi masyarakat dalam menyikapi pandemi covid-19. Di tengah pandemi para seniman Banyuwangi bisa terus berkarya untuk mewujudkan karya-karya nyata. Anas mengatakan hadirnya pelaku seni ini membawa kebaikan bagi daerah.

"Kita semua tidak lagi melihat sekat antara satu dengan yang lain, tidak ada lagi perbedaan antara pemerintah dan nonpemerintah, kita semua dapat bersikap bijak dan berbuat baik dengan saling menguatkan dan saling mendukung upaya bersama melawan COVID-19," kata Anas.

"Terima kasih kepada seluruh seniman yang telah turut andil dan terlibat dalam kegiatan ini. Semoga ini bisa berdampak pada sektor ekonomi para pelaku seni yang sudah delapan bulan terdampak covid 19, baik secara ekonomi dan sosial budaya," tambah Anas.

Baca Juga: Ke Banyuwangi, Gubernur Khofifah Semangati Pelaku UMKM  

2. Karya seni bagian penting perkembangan pariwisata Banyuwangi

Apresiasi Seniman, Banyuwangi Gelar Pameran Seni Selama SepekanDok. Pemkab Banyuwangi

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Muhammad Yanuarto Bramuda, mengatakan hadirnya pelaku seni rupa ini membawa kebaikan bagi Banyuwangi. Menurut Bramuda selama ini seni lukis, fotografi, dan seni patung menjadi bagian penting bagi perkembangan pariwisata Banyuwangi.

“Karya seni telah memperkaya pariwisata Banyuwangi. karena itu kami memberi ruang agar karya-karya kreatif para perupa bisa terus tumbuh,” kata Bramuda.

“Kami ingin ini bisa menjadi bagian dari destinasi. Orang bisa melihat, belajar, diskusi, dan membeli dari tempat ini," kata Bramuda.

Baca Juga: Khofifah Serahkan Sertifikat Warisan Budaya pada Bupati Banyuwangi

3. Pameran seni tahun ini bertajuk Sewu Gandrung

Apresiasi Seniman, Banyuwangi Gelar Pameran Seni Selama SepekanDok. Pemkab Banyuwangi

Ketua panitia, Dyah Lisiana, mengatakan pameran tahun ini bertajuk Sewu Gandrung, yang bermakna rasa syukur kepada Tuhan.

"Sewu Gandrung juga berarti bentuk harmonisasi antara pemerintah, seniman, budayawan pelaku pariwisata, dan masyarakat serta para pemerhati seni. Pameran ini wujud apresiasi bagi seniman yang terus berkarya meski di masa pandemi covid 19," kata Dyah (CSC).

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya