Bupati Kediri Wujudkan Kawasan Kampung Inggris Bebas Kumuh

Masuk program prioritas

Kediri, IDN Times -- Infrastruktur merupakan salah satu skala prioritas dari program Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, atau yang akrab dipanggil Mas Bup. Sebagai wujud pelaksanaan program prioritas tersebut, Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Kediri melakukan pembangunan kawasan kumuh di wilayah Kecamatan Pare dan Gampengrejo.

Perbaikan untuk Kecamatan Pare meliputi Desa Gedangsewu, Kelurahan Pare dan Kawasan Kampung Inggris. Sedangkan untuk Kecamatan Gampengrejo dilakukan di Desa Jongbiru. 

1. Kurangi kawasan kumuh

Bupati Kediri Wujudkan Kawasan Kampung Inggris Bebas KumuhDok. Pemkab Kediri

Program tersebut bertujuan untuk mengurangi kawasan kumuh serta mengantisipasi agar tidak terjadi banjir, pasalnya lokasi tersebut adalah kawasan padat penduduk.

Dari data Dinas Perkim, untuk perbaikan drainase di kawasan Kampung Inggris terdapat 8 lokasi, Jongbiru 1 lokasi dan di Gedangsewu 2 lokasi. Sementara untuk perbaikan jalan lingkungan di Kampung Inggris 8 lokasi dan Jongbiru 2 lokasi. 

2. Sudah tahap mutual check

Bupati Kediri Wujudkan Kawasan Kampung Inggris Bebas KumuhDok. Pemkab Kediri

Saat ini pembangunan infrastruktur untuk penanganan kawasan kumuh khususnya di Kampung Inggris sudah tahap mutual check 100%. Kegiatannya berupa pembangunan drainase untuk mencegah terjadinya banjir, perbaikan jalan lingkungan berupa pavingisasi untuk mempermudah akses masyarakat, serta beautifikasi.

Setelah pembangunan tersebut selesai, untuk melanjutkan program bebas kawasan kumuh, Dinas Perkim akan berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk pembangunan tempat pengolahan sampah Reduce, Reuse, Recycle atau TPS3R hingga akhir tahun 2021 ini.

3. Akan dilakukan beautifikasi

Bupati Kediri Wujudkan Kawasan Kampung Inggris Bebas KumuhBupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat berada di lokasi objek wisata Kediri. (Dok. Pemkab Kediri)

Selain perbaikan jalan dan pembangunan jalan, akan dilakukan beautifikasi atau perbaikan wajah lingkungan, pembangunan proteksi kebakaran seperti pembuatan pompa hidran dan pos apar, serta pembangunan sanitasi.

Sebagai salah satu kawasan ekonomi khusus, pembangunan infrastruktur di Kampung Inggris menjadi prioritas Mas Bup. Saat ini telah dilakukan perbaikan secara bertahap di wilayah ini, sehingga harapannya di tahun 2022 nanti wilayah Kampung Inggris layak huni dan nol persen kawasan kumuh. (WEB)

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya