Dari Menkes hingga Shahnaz Haque Puji Kader Posyandu Banyuwangi

Upaya revitalisasi Posyandu

Banyuwangi, IDN Times -- Para kader Pos Pelayanan Keluarga Berencana & Kesehatan Terpadu (Posyandu) Kabupaten Banyuwangi mendapatkan apresiasi dalam rangkaian Festival Posyandu Kreatif di Pendopo Shana Swagata Blambangan, Sabtu (23/7/2022). Mulai dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin hingga pesohor Shahnaz Haque.

Menurut Budi Gunadi, Festival Posyandu Kreatif tersebut bagian upaya untuk merevitalisasi Posyandu. Hal ini sesuai dengan keinginan Presiden Joko Widodo yang diamanatkan kepadanya.

"Pak presiden menginginkan revitalisasi Posyandu. Dengan intervensi pemerintah, layanannya akan terstandarisasi. Sehingga nanti Posyandu menjadi garda terdepan untuk menyentuh seluruh rakyat Indonesia. Mulai dari bayi, anak, hingga ibu dan bapak, serta lansia," ungkapnya secara virtual.

1. Di Banyuwangi telah berjalan selama tiga tahun

Dari Menkes hingga Shahnaz Haque Puji Kader Posyandu BanyuwangiDok. Pemkab Banyuwangi

Untuk bisa merevitalisasi Posyandu sendiri, lanjut Budi Gunadi, mensyaratkan para kader yang bersemangat, bekerja dengan baik, serta kreatif. "Nah, Posyandu kreatif di Banyuwangi yang telah berjalan tiga tahun ini, nanti bisa kita tiru," ujarnya sembari berjanji akan menengok langsung para kader Posyandu di Bumi Blambangan itu.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyebutkan Tim Penggerak PKK dengan programnya menyelenggarakan Posyandu menjadi mitra strategis pemerintah dalam menyiapkan generasi masa depan. "Lewat Posyandu ini, banyak permasalahan tentang ibu dan anak bisa diketahui lebih cepat sehingga dapat ditangani lebih dini," terang Ipuk.

 Untuk itu, lanjut Ipuk, pemkab terus menguatkan peran PKK, termasuk juga di dalamnya Posyandu dan kader-kader lainnya. "Berbagai penguatan terus kita lakukan. Mulai dari kebijakan hingga penganggaran, baik di tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa/ kelurahan," paparnya.

2. Shanaz Haque apresiasi festival ini

Dari Menkes hingga Shahnaz Haque Puji Kader Posyandu BanyuwangiDok. Pemkab Banyuwangi

Festival tersebut juga dihadiri Shahnaz Haque, publik figur yang juga menekuni parenting lebih dari 15 tahun. Shanaz turut mengapresiasi kegiatan Festival Posyandu Kreatif. Dengan penguatan posyandu tersebut, akan memberikan perawatan pada balita dengan lebih maksimal.

Sehingga tumbuh kembang anak akan semakin optimal. Tidak ada stunting lagi. Mereka pun akan memiliki harapan masa depan yang lebih baik," ujar perempuan yang kerap berkecimpung di kegiatan acara yang berkaitan dengan perempuan dan anak itu.

Lebih jauh, Shahnaz juga berpesan kepada para penggerak PKK dan kader Posyandu di Banyuwangi, untuk mengembangkan pola asuh berimbang. "Tidak bisa pengasuhan anak hanya dilakukan oleh salah satu orang tua. Tapi, harus dilakukan bersama antara ibu dan bapak. Ini akan mempengaruhi pertumbuhan anak," ungkapnya di sesi kelas kader itu.

Ajang Festival Posyandu Kreatif ini merupakan ajang yang diselenggarakan oleh PKK Kabupaten Banyuwangi untuk memberi ruang kreasi para penggerak 

Posyandu. Acara ini terdiri dari berbagai ajang perlombaan. Mulai dari Posyandu Kreatif, PMT (Pemberian Makanan Tambahan) Kreatif, PHBS, Bintang Kader dan Panggung Boneka Dongeng Kreatif.

3. Menyelenggarakan berbagai lomba

Dari Menkes hingga Shahnaz Haque Puji Kader Posyandu BanyuwangiDok. Pemkab Banyuwangi

Lomba-lomba ini diselenggarakan dalam satu pekan terakhir yang diikuti oleh perwakilan PKK dan posyandu dari masing-masing kecamatan," ungkap Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuwangi Budi Sayekti Sugirah.

Sejumlah peserta terbaik, lanjut Budi Sayekti, ditampilkan di puncak festival yang diselenggarakan di pendopo tersebut. "Untuk penilaian final dan sekaligus penganugerahan pemenang," imbuhnya.

Adapun para pemenang Festival Posyandu Kreatif itu sebagai berikut: Juara utama posyandu kreatif di menangkan oleh Posyandu Desa Sukorejo, Kecamatan Bangorejo. Sedangkan juara dua dan tiga diraih oleh Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran. dan Desa Buluagung, Kecamatan Siliragung. Untuk PMT Kreatif dimenangkan oleh Posyandu Desa Licin Kecamatan Licin.

Untuk Kecamatan Srono meraih juara pertama dongeng kreatif bertema stunting. Sedangkan Desa Kalirejo, Kecamatan Kabat menjuarai lomba PHBS. Adapun Bintang Kader disematkan kepada Aisyah Mahmudah dari Posyandu Desa Benculuk, Kecamatan Cluring. Ia mempunyai inovasi kripik daun katu untuk meningkatkan ASI eksklusif sehingga dapat mencegah stunting. (WEB)

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya