Dinas PUPR Bangun Jembatan Sepanjang Jalur Gedangsewu Plosoklaten

Bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar

Kediri, IDN Times -- Sebagai wujud pembangunan infrastruktur di wilayah Kabupaten Kediri, yang merupakan program prioritas Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang melakukan pembangunan jembatan di sepanjang jalur Gedangsewu Plosoklaten, tepatnya di Desa Sidomulyo dan Desa Sumberagung.

1. Sebagai jalur alternatif

Dinas PUPR Bangun Jembatan Sepanjang Jalur Gedangsewu PlosoklatenDok. Pemkab Kediri

Pembangunan jembatan ini juga sebagai pendukung peningkatan jalan dengan konstruksi rigid pavement yang dikerjakan di jalur yang sama. Dalam pembangunan jembatan tersebut nantinya akan dilakukan pelebaran serta peninggian level. 

Selain dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, jalur tersebut merupakan jalur alternatif  penghubung Kabupaten Kediri dan Kabupaten Blitar yang digunakan warga untuk menjalankan roda perekonomian.

2. Menggunakan konstruksi beton

Dinas PUPR Bangun Jembatan Sepanjang Jalur Gedangsewu PlosoklatenANTARA FOTO/Zabur Karuru

Pengerjaan jembatan yang sedang berjalan di jalur Gedangsewu Plosoklaten ini akan menggunakan konstruksi material beton dan material fabrikasi girder. 

Selain itu juga masih ada tiga paket yang akan dilakukan lelang serta enam paket yang sedang diproses oleh unit kerja pengadaan barang/jasa. 

3. Akan ada peninggian level serta pelebaran

Dinas PUPR Bangun Jembatan Sepanjang Jalur Gedangsewu PlosoklatenIDN Times/Galih Persiana

Pembongkaran total dilakukan dalam proses pembangunan jembatan tersebut karena nantinya akan dilakukan peninggian level serta pelebaran, disesuaikan dengan jalan rigid pavement yang telah selesai sebelumnya. Sementara untuk persentase pengerjaannya mencapai 12 persen untuk jembatan Sidomulyo dan 16 persen untuk jembatan Sumberagung. Saat ini di kedua jembatan tengah dilakukan proses penulangan untuk konstruksi bangunan bawah jembatan. 

Dalam pengerjaan jembatan ini jalur lalu lintas ditutup total serta disiapkan alternatif rekayasa lalu lintas, sedangkan untuk roda dua disiapkan jembatan darurat. Pembangunan jembatan ditargetkan selesai awal Desember mendatang. (WEB)

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya