Halal Bihalal, Mendes PDTT Apresiasi Para Kades se-Indonesia

Kepala desa sudah memanfaatkan dana desa dengan baik

Jakarta, IDN Times -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menghadiri halal bihalal dengan Para Kepala Desa se-Indonesia secara virtual, Jumat (14/5/2021).

Abdul atau yang biasa dipanggil Gus Menteri, sapaan akrabnya, merasa senang dan berterima kasih atas kesediaan para Kades yang sempatkan waktu menghadiri halal bihalal ini meski sedang membimbing warga desa untuk berlebaran dengan patuhi Protokol Kesehatan.

“Saya bersyukur pada hari ini bertepatan pada hari kedua di bulan syawal kita bisa bersilaturahmi dan bercerita atas apa yg sudah kita jalani, dan apa yg akan kita lakukan bagi masyarakat di desa masing-masing,” ujar Abdul.

1. Apresiasi terhadap para kades

Halal Bihalal, Mendes PDTT Apresiasi Para Kades se-IndonesiaDok. Kemendes PDTT

Abdul memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh Kades yang bekerja keras melaksanakan pembangunan desa yang berpihak kepada masalah yang dihadapi masalah desa.

"Kita akan mudah deteksi masalah yang dihadapi warga karena kita miliki data yang konkret dan detail tentang desa," kata Doktor Honoris Causa dari UNY.

Olehnya, Abdul ucapkan terima kasih kepada perangkat desa, pendamping desa dan relawan pemutakhiran data desa yang telah berupaya mendata secara detail dan konkret untuk kepentingan desa.

2. Pembangunan berbasis pada data

Halal Bihalal, Mendes PDTT Apresiasi Para Kades se-IndonesiaDok. Kemendes PDTT

Desa yang perencanaan pembangunan berbasis dengan SDGs Desa dan pemutakhiran data diyakini benar-benar bertumpu pada masalah yang dihadapi oleh warga desa.

"Ketika kita membangun di desa dengan data dan fakta yang ada maka saya yakin dalam waktu yang tidak lama permasalahan yang dihadapi seperti kemiskinan, stunting, pendidikan dan kesejahteraan bisa teratasi," kata Mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.

3. Dana desa telah sukses disalurkan sesuai dengan tujuan dan pemanfaatannya

Halal Bihalal, Mendes PDTT Apresiasi Para Kades se-IndonesiaDok. Kemendes PDTT

Abdul juga sampaikan apresiasi kepada Para Kades yang telah sukses menyalurkan dana desa sesuai dengan peruntukannya dan aturan pemanfaatannya.

Seperti Bantuan Langsung Tunai, Desa Aman Covid-19, dan Dana Desa untuk Padat Karya Tunai Desa.

"Jika dilaksanakan maksimal maka saya yakin ekonomi Indonesia akan tumbuh," kata Abdul.

Kemendes PDTT kata Abdul, bakal lakukan sejumlah perbaikan dan solusi jitu agar penyaluran Dana Desa bisa lebih cepat dan tepat.

Abdul juga menyampaikan jika Peraturan Mendes PDTT tentang BUMDes telah selesai. Tinggal menunggu Peraturan Menkumham soal proses registrasi. (WEB)

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya