Comscore Tracker

Indra Kesuma Ajak Netizen untuk Berinvestasi dengan Aman

Lewat webinar digital

Jakarta, IDN Times – Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi mengadakan webinar literasi digital dengan tema “Aman dan Nyaman Berinvestasi Digital”, yang berlangsung melalui platform Zoom Meeting pada tanggal 15 Juli 2021, dan diikuti oleh 2.200 partisipan yang berasal dari berbagai kalangan. 

Masa pandemi yang terjadi di tengah pesatnya perkembangan teknologi membawa perubahan yang sangat signifikan bagi seluruh bidang kehidupan, termasuk bidang ekonomi. Pembatasan aktivitas fisik membuat perekonomian menjadi terganggu sehingga masyarakat harus memutar otak tentang bagaimana mengelola keuangan di masa ini agar dapat terus bertahan, salah satunya dengan berinvestasi digital. Webinar ini hadir untuk menjawab keresahan masyarakat mengenai pengelolaan keuangan dan investasi di jaman kemajuan teknologi, dengan menghadirkan Indra Kesuma selaku CEO BotxCoin sebagai narasumber.

1. Dimulai dari hal-hal mendasar

Indra Kesuma Ajak Netizen untuk Berinvestasi dengan AmanDok. Kominfo

Dalam webinar yang berlangsung selama 2 jam ini, IndraKenz− begitu panggilan akrabnya− menjabarkan mengenai hal-hal praktis dan mendasar tentang ekonomi yang sangat penting untuk diketahui oleh semua orang. 

Misalnya seperti apa itu uang dan sejarah uang, mengapa harus mengelola keuangan dan prinsip-prinsip dasar dalam mengatur keuangan, cara mencapai financial freedom melalui investasi, prinsip dasar dan jenis-jenis investasi, pengetahuan mengenai cryptocurrency, kiat-kiat praktis berinvestasi, serta akibat dari ketidakmampuan mengelola keuangan. 

2. Investasi juga bisa dilakukan lewat medsos

Indra Kesuma Ajak Netizen untuk Berinvestasi dengan Amaninstagram.com/indrakenz

“Prinsip investasi adalah bagaimana uang bekerja untuk kita guna menghasilkan passive income, karena kemampuan tubuh memiliki batas dan tidak mungkin terus bekerja hingga tua. Sehingga untuk mencapai financial freedom, kita harus menguasai cara mengelola keuangan yang benar dan cara berinvestasi yang aman,” ujar Indra. 

CEO BotxCoin ini juga menyatakan bahwa investasi di ruang digital dapat dilakukan melalui media sosial. Pengikut atau massa yang dimiliki oleh seseorang di media sosial juga merupakan aset yang dapat menjadi sumber pendapatan apabila dimanfaatkan dan dikelola dengan baik.

3. Ditutup dengan sesi tanya jawab

Indra Kesuma Ajak Netizen untuk Berinvestasi dengan Amaninstagram.com/indrakenz

Webinar ini ditutup dengan sesi tanya jawab yang disambut dengan antusias oleh para peserta, dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan. Terakhir, IndraKenz berpesan bahwa kita harus memiliki anggaran untuk segala kebutuhan dan harus bisa mengelola gaya hidup, serta harus melakukan riset dan memiliki pemahaman risiko yang baik sebelum melakukan investasi, jangan mudah termakan oleh investasi yang tidak masuk akal. Diharapkan webinar ini dapat bermanfaat bagi masyarakat agar mengerti tentang pengelolaan keuangan dan investasi yang aman di era digital.

Masih banyak kegiatan menarik mengenai dunia digital dari Kemenkominfo dan Siberkreasi di masa PPKM ini. Untuk mengikuti kegiatan literasi digital bermanfaat lainnya ikuti akun sosial media @siberkreasi atau mengakses info.siberkreasi.id. (WEB)

Topic:

  • Jordi Farhansyah
  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya