Cetak 1 Juta Pengusaha, Kemenkop UKM Dorong Program Entrepreneur Hub

Demi mendukung Indonesia jadi empat kekuatan ekonomi dunia

Jakarta, IDN Times -- Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengajak mahasiswa Universitas Merdeka Malang untuk mengambil bagian dalam upaya mencetak 1 juta pengusaha muda baru melalui program Entrepreneur Hub.

"Kita ingin mencetak 1 juta pengusaha muda baru karena Presiden Jokowi mau menyiapkan fondasi bagi Indonesia untuk menjadi empat kekuatan ekonomi dunia di 2045. Indonesia akan menjadi empat kekuatan besar setelah Amerika Serikat, Tiongkok, dan India," kata Menkop UKM Teten Masduki saat berdialog dengan mahasiswa Universitas Merdeka dalam program Entrepreneur Hub yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) di Malang, Rabu (15/3/2023).

1. Ajang Entrepreneur Hub diharapkan dapat menumbuhkan ekosistem kewirausahaan di kalangan mahasiswa

Cetak 1 Juta Pengusaha, Kemenkop UKM Dorong Program Entrepreneur Hubilustrasi entrepreneur (backgroundcheckall.com)

Menkop UKM Teten menjelaskan, untuk menjadi negara maju, tidak hanya menyiapkan infrastruktur dan sumber daya manusia, tetapi juga pengusaha yang inovatif.

Untuk itu, melalui ajang Entrepreneur Hub diharapkan dapat menumbuhkan ekosistem kewirausahaan di kalangan mahasiswa serta diharapkan akan menjadi kekuatan pembangunan ekonomi dan sebagai agent of change dengan cara menjadi wirausaha dan mampu menciptakan lapangan kerja.

"Jadi, kampus harus berubah. Harus mengubah mindset kurikulum bagaimana menciptakan wirausaha bukan sarjana calon pegawai pemerintah atau swasta," ujar Menkop UKM Teten.

Baca Juga: Perkuat Pengawasan Koperasi, Kemenkop UKM Gandeng PPATK

2. Entrepreneur Hub bisa menjadi solusi dari pemerintah dan universitas untuk menciptakan ekosistem kewirausahaan

Cetak 1 Juta Pengusaha, Kemenkop UKM Dorong Program Entrepreneur HubMenteri Koperasi dan UKM Teten berbincang dengan mahasiswa Universitas Merdeka dalam program Entrepreneur Hub. (Dok. Kemenkop UKM)

Ia juga menambahkan, dengan bonus demografi Indonesia yang cukup besar, kampus bisa menjadi wadah dalam mencetak wirausaha muda yang berbasis perguruan tinggi.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Merdeka Malang Anwar Sanusi mengatakan, Entrepreneur Hub bisa menjadi solusi dari pemerintah dan universitas untuk menciptakan ekosistem kewirausahaan. 

"Ini menjadi bukti negara hadir membangun pilar kemajuan dan kemandirian bangsa dan kami berterima kasih kepada Kemenkop UKM yang telah memberikan program pendampingan kewirausahaan," kata Anwar Sanusi.

3. Melibatkan UMKM sebagai mentor

Cetak 1 Juta Pengusaha, Kemenkop UKM Dorong Program Entrepreneur HubMenteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berbicara di hadapan mahasiswa Universitas Merdeka dalam program Entrepreneur Hub. (Dok. Kemenkop UKM)

Ia juga berpendapat mahasiswa turut berbangga dapat terlibat dalam program ini. "Saya yakin akan muncul sosok pemberani yang percaya diri menjadi wirausaha yang akan menopang kemandirian negara," ujar Anwar Sanus.

Entrepreneur Hub merupakan program Kemenkop UKM yang bertujuan untuk pengembangan ekosistem kewirausahaan dalam rangka menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

Pada ajang kali ini para pelaku UMKM yang terlibat dalam ajang Entrepreneur Hub akan menjadi mentor bagi 150 mahasiswa. Selain itu, Kemenkop UKM juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Universitas Merdeka terkait pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. (WEB)

Baca Juga: Menkop UKM: 2 BLU Kemenkop UKM Siap Bantu Koperasi dan UKM Naik Kelas 

Topik:

  • Ahmad Faisal

Berita Terkini Lainnya