Comscore Tracker

Kemensos Akan Transformasikan Transaksi E-Warong ke Platform Digital

Tingkatkan kinerja dan layanan

Jakarta, IDN Times - Kementerian Sosial akan  mentransformasikan layanan E-Warong menjadi layanan digital dengan menggunakan aplikasi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja E-Warong dan memaksimalkan  layanan untuk penerima manfaat. 

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan, kebijakan ini didasarkan atas evaluasi langsung di lapangan yang dilakukan beberapa waktu lalu  Beberapa hal menjadi catatan seperti harga komoditas yang kurang sesuai dan aksesibilitas yang kurang memadai. 

1. Siapkan aplikasi untuk layanan digital

Kemensos Akan Transformasikan Transaksi E-Warong ke Platform DigitalDok. Kemensos

"Ke depan akan kami siapkan aplikasi yang memungkinkan layanan berbasis digital. Hal ini diharapkan bisa meningkatkan layanan dan lebih memudahkan penerima manfaat," kata Mensos di Jakarta (30/05).

Dengan layanan digital diharapkan penerima manfaat bisa melakukan transaksi dengan lebih mudah dan mendapatkan harga komoditas yang lebih ekonomis. "Nanti pembeli tinggal menekan tombol di telepon seluler. Sehingga lebih praktis dan mudah mendapatkan komunitas dengan harga yang juga lebih terjangkau," katanya. 

2. E-Warong untuk menyalurkan bansos

Kemensos Akan Transformasikan Transaksi E-Warong ke Platform DigitalMenteri Sosial Tri Rismaharini memberikan keterangan pers di gedung KPK. (IDN Times/Aryodamar)

E-Warong menjadi kepanjangan tangan pemerintah dalam menyalurkan bantuan sosial (bansos) non tunai bagi warga kurang mampu.

Dengan sistem ini setiap bantuan sosial dan subsidi akan disalurkan secara non tunai menggunakan sistem perbankan. Tujuannya untuk mengurangi penyimpangan, kemudahan kontrol serta tepat sasaran, waktu dan jumlah.

3. Bisa sebagai mini ATM

Kemensos Akan Transformasikan Transaksi E-Warong ke Platform DigitalMensos Tri Rismaharini (Dok. Kemensos)

Tidak hanya sebagai tempat membeli kebutuhan bahan pokok, e-warong juga berfungsi sebagai mini Automatic Teller Machine (ATM) yang melayani pencairan bantuan sosial, belanja non tunai, buka tabungan, setoran dan tarik tunai, transfer, pembayaran listrik, telepon, BPJS, PAM, cicilan, tiket, token listrik bahkan pulsa. 

Bahkan gas elpiji tabung ukuran 3 kilogram hanya bisa diperoleh di e-warong. ATM yang digunakan adalah kartu yang bernama Combo. (WEB)

Topic:

  • Jordi Farhansyah
  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya