Kementan Gerak Cepat Antisipasi Iklim Ekstrem 2021

Dapat pengaruhi jalannya produksi pangan

Jakarta, IDN Times -- Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan akan melakukan gerak cepat mengantisipasi kemungkinan adanya iklim ekstrim yang mempengaruhi jalannya produksi pangan di musim tanam 2021. 

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, antisipasi tersebut sudah dirancang dengan percepatan tanam, infrastruktur air dan pencocokan validasi cuaca dengan menggunakan data BMKG. 

"Selama ini kita selalu mempermasalahkan soal cuaca dan hama. Karena itu kita lakukan mapping serta kerjasama dengan BMKG. Yang pasti kita terus bergerak cepat,” kata Mentan SYL, Senin (22/3). 

Ia juga berharap mudah mudahan rancangan tersebut bisa berjalan dengan baik dan bukan hanya beras yang terpenuhi tapi komoditas lain juga selalu tersedia.

Baca Juga: Tingkatkan Produksi Tani, Kementan Perbaiki Saluran Irigasi di Subang

1. Menjaga ketersediaan pangan adalah modal utama

Kementan Gerak Cepat Antisipasi Iklim Ekstrem 2021IDN Times/Istimewa

Lebih lanjut Mentan SYL menjelaskan, keberhasilan Indonesia dalam menjaga ketersediaan pangan adalah modal utama dalam melakukan fokus kerja di tahun 2021 dengan pendekatan kerja yang harus berjalan efektif dan efisien. 

"Pertanian di tahun 2021 itu sudah kita rancang pada tahun 2020, karena itu kita hanya perlu melakukan intervensi agar produksi tahun depan berjalan dengan lancar serta sesuai dengan harapan. Insyaallah cuaca bisa kita kendalikan," katanya. 

Tahun ini, beberapa OPT diperkirakan meningkat pada bulan Mei, Juni dan Juli. Yaitu tikus dan penggerek batang yang merupakan OPT yang identik dengan musim kemarau. Tetapi 3 OPT lainnya (WBC, BLAS, dan BLB) juga tetap harus diwaspadai. 

"Peringatan FAO terhadap potensi kelangkaan pangan bukanlah karena faktor kekeringan (iklim). Tetapi lebih ke food supply chain yang terganggu. Ini tidak boleh terjadi di negeri ini," tegas Mentan SYL. 

2. Infrastruktur air berguna untuk pengelolaan air

Kementan Gerak Cepat Antisipasi Iklim Ekstrem 2021Foto di udara irigasi pertanian di areal pesawahan Purbaratu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. (Dok. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Sementara, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Kementan, Sarwo Edhy mengatakan, bangunan air seperti embung dan dam parit akan bermanfaat meskipun debit air kecil, air masih bisa dialirkan ke sawah-sawah petani. Sehingga petani bisa menambah pertanaman dalam setahun, dari satu kali menjadi dua kali. 

"Infrastruktur air ini juga sangat berguna dalam pengelolaan air lahan kering maupun tadah hujan," kata Sarwo Edhy. 

Berbeda dengan embung, dam parit dibangun dengan membendung sungai kecil atau parit alami. Untuk pengembangan dam parit, sungai yang dibendung memiliki debit minimal 5 liter per detik dan dengan luas lahan usaha tani yang dapat diairi minimal 25 ha.

Tak hanya itu, agar dampak dam parit bisa lebih besar maka pembangunannya bisa secara bertingkat dari hulu ke hilir dalam satu aliran Daerah Aliran Sungai (DAS) mikro. 

Baca Juga: Berpihak ke Petani, Kementan Bertekad Tolak Impor Beras

3. Pemeliharaan air sungai dan bangunan air harus rutin dirawat

Kementan Gerak Cepat Antisipasi Iklim Ekstrem 2021Ilustrasi irigasi (nnn.com.ng)

"Model pengembangan dam parit bertingkat di DAS hulu sangat ideal untuk dikombinasikan dengan pengelolaan air dan sedimen di waduk atau embung besar," jelas Sarwo Edhy. 

Namun, Sarwo Edhy memperingatkan agar pemeliharaan air sungai dan bangunan air tersebut harus dirawat. Misalnya dengan pengerukan sedimen sungai yang sebaiknya dilakukan secara rutin sebelum musim penghujan datang. Kemudian perawatan rutin seperti membersihkan sampah yang menghalangi aliran air. 

"Biar saat musim kemarau debit air tidak kecil tapi musim hujan air meluap, sebaiknya perawatan, pemeliharaan dan konservasi harus dilakukan dari hulu ke hilir. Semuanya bisa dilakukan dengan komitmen bersama di desa setempat," pungkasnya. (CSC)

Topik:

  • Jordi Farhansyah
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya