Comscore Tracker

Kementerian Kominfo Bekerja Sama Adakan Kelas Asah Digital

Bersama GNLD Siberkreasi dan Facebook

Jakarta, IDN Times -- Aktivitas penting masyarakat itu adalah komunikasi, selama pandemi COVID-19 kebutuhan  masyarakat atas pesan dan informasi begitu mendapatkan perhatian yang sangat tinggi,  pertukaran pesan dan informasi di berbagai platform media meningkat tajam. 

Pemerintah  dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Program  Nasional Literasi Digital akan melaksanakan berbagai kegiatan literasi digital di seluruh  Indonesia. 

1. Aktivitas lebih banyak lewat daring

Kementerian Kominfo Bekerja Sama Adakan Kelas Asah Digitalunsplash.com/thoughtcatalog

Saat ini, semua aktivitas lebih banyak dijalankan secara daring. Mulai dari pertemuan daring,  Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), belanja, dan aktivitas lainnya dimaksimalkan melalui daring.  

Sehingga sudah saatnya masyarakat kini harus melek digital dan menjadi warga digital yang  cakap, penuh etika, dan mengerti cara mempergunakan hak - hak dan kewajibannya di dunia  maya ini. Termasuk bagaimana cara mereka mencerna, membagikan informasi, melindungi  data pribadi, dan bagaimana berinteraksi dengan orang lain di ruang digital. 

2. Adakan Kelas Asah Digital

Kementerian Kominfo Bekerja Sama Adakan Kelas Asah Digitalilustrasi belajar daring (SHUTTERSTOCK/Travelpixs)

Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi dan Facebook menyelenggarakan kegiatan  Kelas Asah Digital #MakinCakapDigital, yang juga merupakan turunan dari 4 pilar Literasi  Digital yaitu mengenai kecakapan, etika, keamanan, dan budaya di media digital. 

Sesi pertama kelas Asah Digital yang akan dilaksanakan pada 21 Juli 2021 secara virtual ini  bertema “Dunia Maya dan Jejak Digital” akan menghadirkan Mira Sahid selaku wakil ketua  umum Siberkreasi dan juga praktisi literasi digital.

3. Bangun kesadaran digital

Kementerian Kominfo Bekerja Sama Adakan Kelas Asah DigitalWarga memanfaatkan waktu di rumah untuk mencari data perkembanagn pandemi corona lewat laman daring (IDN Times/Prayugo Utomo)

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan dapat membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat khususnya orang tua dan guru dengan teknologi digital baru, dan mempercepat serta mengembangkan dan meningkatkan keterampilan masyarakat Indonesia di dunia digital. 

Pelatihan Asah Digital ini disiarkan melalui Zoom dan Facebook Page Siberkreasi. Untuk  peserta yang telah mengikuti seluruh rangkaian sesi pada pelatihan ini juga akan  mendapatkan E-Certificate yang akan dikirim melalui email.  (WEB)

Topic:

  • Jordi Farhansyah
  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya