Kemnaker Terus Perkuat Sembilan Lompatan Besarnya

Sudah dikuatkan dalam dokumen Renstra

Jakarta, IDN Times -- Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi, menyatakan bahwa Kemnaker telah melakukan penguatan terhadap program Sembilan Lompatan Besar.

“Sembilan lompatan besar ini kita sudah kuatkan dalam dokumen Renstra (Rencana Strategis),” ujar Sekjen Anwar saat memimpin Focus Group Discussion (FGD) Sembilan Lompatan Kementerian Ketenagakerjaan secara virtual, Selasa (14/9/2021).

1. Akan keluarkan Keputusan Menteri

Kemnaker Terus Perkuat Sembilan Lompatan BesarnyaDok. Kemnaker

Selain Renstra, kata Sekjen Anwar, Kemnaker juga akan mengeluarkan Keputusan Menteri terkait Sembilan Lompatan Besar dan unit-unit yang bertanggungjawab terhadap program tersebut.

“Keputusan Menteri ini untuk mengawal Sembilan Lompatan Besar Kemnaker. Yang pasti kita terus melakukan penguatan sebagaimana arahan dari Bu Menaker Ida Fauziyah," ucapnya.

2. Potensi dan SDM harus dikelola dengan baik

Kemnaker Terus Perkuat Sembilan Lompatan BesarnyaSekjen Kemnaker Anwar Sanusi saat memberikan Pembekalan bagi Calon Atase, Staf Teknis, dan Kepala Bidang Ketenagakerjaan di Pusat Pengembangan SDM Kemnaker, Jakarta, Senin (14/6/2021). (Dok. Kemnaker)

Menurut Sekjen Anwar, dalam mendukung terlaksananya agenda Sembilan Lompatan Besar, potensi dan sumber daya yang ada di Kemnaker, seperti SDM dan kelembagaan harus dikelola dengan baik.

"Sumber daya ini misalnya bagaimana kita menata kelembagaan yang ada di Kementerian Ketenagakerjaan. Artinya kita sudah melakukan pembenahan dari sisi kelembagaannya," ucapnya.

3. Siapkan berbagai transformasi

Kemnaker Terus Perkuat Sembilan Lompatan BesarnyaSekjen Kemnaker Anwar Sanusi saat memberikan Pembekalan bagi Calon Atase, Staf Teknis, dan Kepala Bidang Ketenagakerjaan di Pusat Pengembangan SDM Kemnaker, Jakarta, Senin (14/6/2021). (Dok. Kemnaker)

Sebagaimana diketahui, program sembilan lompatan besar tersebut, yaitu transformasi BLK; link and match ketenagakerjaan; transformasi program perluasan kesempatan kerja; pengembangan talenta muda; perluasan pasar kerja luar negeri; visi baru hubungan industrial; reformasi pengawasan; ekosistem digital SIAPKerja; dan reformasi birokrasi.

Sembilan Lompatan Besar ini guna merespons berbagai perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam sistem digitalisasi, termasuk perkembangan dan kemajuan yang berimplikasi atau mempunyai keterkaitan terhadap dunia ketenagakerjaan. (WEB)

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya