Menaker Ida: Jaga Keluarga dari Penyebaran COVID-19 saat Lebaran

Tidak mudik dan tetap patuhi prokes

Jakarta, IDN Times -- Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah berharap masyarakat Indonesia mematuhi imbauan pemerintah untuk tidak melakukan mudik pada perayaan Idulfitri 1442 H karena masih dalam situasi pandemi COVID-19.

Ida Fauziyah mengingatkan bulan Ramadan 1442 H, yang baru saja dilalui telah mengajarkan umatnya akan pentingnya menahan diri, dan menunda melakukan sesuatu yang disenangi.

1. Patuhi imbauan pemerintah

Menaker Ida: Jaga Keluarga dari Penyebaran COVID-19 saat LebaranDok. Kemnaker

"Imbauan pemerintah untuk menunda mudik harus kita patuhi. Tunda kebahagiaan sesaat agar lebih baik. Kita menunda mudik demi mengakhiri pandemi," ujar Menaker Ida  melalui keterangan resminya di Jakarta, Kamis (13/5/2021).

Penundaan yang dilakukan, kata Menaker Ida, adalah demi tujuan yang lebih baik. Dalam kaitannya dengan larangan mudik, hal itu perlu dilakukan untuk memutus rantai penularan Covid-19 dan demi mengakhiri pandemi yang masih berlangsung sampai saat ini.

2. Ada potensi penularan Covid-19

Menaker Ida: Jaga Keluarga dari Penyebaran COVID-19 saat LebaranSejumlah kendaraan terjebak kemacetan saat akan melintas di posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Ida mengakui dengan mudik yang merupakan tradisi masyarakat Indonesia akan muncul perasaan bahagia ketika bisa berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. 

Namun di tengah kebahagiaan tersebut masih ada potensi penularan Covid-19.

"Kiranya akan lebih bijaksana jika kita menunda kebahagiaan sesaat demi terciptanya situasinya yang lebih baik. Saat situasi lebih membaik,  kita lebih leluasa melakukan mudik ke kampung halaman," kata Menaker Ida.

3. Penundaan mudik mendorong situasi yang lebih kondusif

Menaker Ida: Jaga Keluarga dari Penyebaran COVID-19 saat LebaranMenteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah (Dok. Humas KPK)

Menaker Ida mengingatkan penundaan mudik saat ini akan dapat mendorong terciptanya situasi yang lebih kondusif untuk bertemu keluarga di daerah asal di masa mendatang. 

"Kita menunda mudik demi mengakhiri pandemi," tegas Ida. (WEB)

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya