Pemkot Gorontalo Sabet Tiga Penghargaan Sekaligus dari Kemenkeu

Perekonomian tumbuh positif

Gorontalo, IDN Times – Pemerintah Kota Gorontalo membuktikan keuletannya dalam penyelenggaraan pembangunan sehingga perekonomian Kota Gorontalo tumbuh positif di tengah kondisi yang menantang sepanjang masa pandemi hingga pascapandemi covid-19. Pada saat yang sama, tata kelola keuangan yang profesional menjadi komitmen kuat yang terus dijunjung tinggi. 

Upaya bersama jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo ini menjadi kebanggaan masyarakat hingga torehan prestasi terus mengalir dan mengharumkan nama baik negeri ini di kancah nasional. Terbaru, tiga penghargaan sekaligus disabet dari Kementerian Keuangan RI.

1. Tiga penghargaan sekaligus

Pemkot Gorontalo Sabet Tiga Penghargaan Sekaligus dari KemenkeuDok. Pemkot Gorontalo

Tiga penghargaan yang dimaksud diperoleh atas capaian: Pertama, peringkat pertama pemerintah daerah dengan kapasitas fiskal terbaik. Kedua, capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) minimal 5 kali berturut-turut atas penyusunan dan penyajian laporan keuangan pemerintah daerah. Ketiga, penghargaan capaian opini WTP atas penyusunan dan penyajian laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2021. 

Penghargaan tersebut diterima Wakil Walikota Gorontalo Ryan Kono yang hadir mewakili Walikota Marten Taha pada agenda Penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi Dana Transfer ke Daerah tahun anggaran 2023 dan Penganugerahan Treasury Awards 2022 di Direktorat Jenderal Pembendaharaan (DJPb) Kantor Wilayah Provinsi Gorontalo, Senin (12/12/2022).

"Ini adalah apresiasi pemerintah pusat atas apa yang telah kita laksanakan. Alhamdulillah kami Pemerintah Kota Gorontalo memperoleh tiga penghargaan sekaligus," ujar Marten Taha.

Marten menerangkan, penghargaan peringkat pertama kapasitas fiskal adalah bukti arah pembangunan Kota Gorontalo terus bergerak menuju kemandirian. Pemkot Gorontalo tidak hanya semata-mata mengandalkan dana transfer pusat, tetapi ada upaya sungguh-sungguh untuk mengoptimalisasi sumber-sumber pendanaan yang berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

"Perlu diketahui, dana transfer kita setiap tahun makin berkurang termasuk di tahun 2023. meski dalam posisi demikian, karena APBD kami dinilai sehat, kapasitas fiskal tinggi, terbaik, sehingga diapresiasi," kata Marten.

2. Meningkat signifikan

Pemkot Gorontalo Sabet Tiga Penghargaan Sekaligus dari KemenkeuDok. Pemkot Gorontalo

Sesuai hasil evaluasi, kenyataan setiap tahun, PAD Kota Gorontalo meningkat signifikan. Hal ini sejalan dengan tujuan pembangunan di era otonomi daerah yang mendorong setiap daerah untuk mandiri ekonomi. Bahkan pada tahun 2022, PAD Kota Gorontalo tercatat tetap mengalami kenaikan dibanding tahun 2021. Padahal, pada masa-masa itu, setiap daerah tengah berjuang memulihkan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Terkait penghargaan capaian opini WTP, lanjut Marten, Pemkot Gorontalo telah delapan kali secara berturut-turut tanpa jeda. Artinya sepanjang masa pemerintahannya dari periode pertama hingga bersambung pada periode kedua, penghargaan WTP disematkan kepada Pemkot Gorontalo tanpa terputus kepemimpinan. 

"Ini menunjukan tata kelola APBD kita baik dan sudah on the track. Sejak dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan hingga pertanggungjawaban mampu dilaksanakan dengan profesional dan taat aturan," ujarnya.

3. Kunci keberhasilan

Pemkot Gorontalo Sabet Tiga Penghargaan Sekaligus dari KemenkeuDok. Pemkot Gorontalo

Marten menuturkan, ada dua kata kunci paling penting dari keberhasilan pengelolaan keuangan yang dilakukan Pemkot Gorontalo. Keduanya, bertalian dengan sumber daya manusia dan manajemen.

Menurut Marten, keberadaan SDM yang profesional, sangatlah menentukan. Sehebat apa pun ide dan aturan yang dibuat, tidak akan berpengaruh positif tanpa didukung SDM mumpuni. Karena itu pula, Pemkot Gorontalo giat mengikutsertakan pejabat dan staf mengikuti bimtek, diklat, hingga peningkatan kapasitas building.

Sama halnya dengan SDM, urgensi manajemen juga memiliki peran signifikan. Kapasitas leadership untuk membangun komitmen bersama agar bekerja profesional dan patuh pada ketentuan sangat dibutuhkan. "Saya selalu berupaya memberi contoh yang baik. Kalau ada yang kurang bagus misalnya, berikan bimbingan," katanya.

Menyusul capaian ini pula, Marten menyampaikan apresiasi kepada jajaran Pemkot Gorontalo yang telah bersinergi dengan baik serta terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kota Gorontalo. Ia berharap, spirit kerja keras yang sudah sangat baik ini, dapat ditingkatkan lagi untuk pelaksanaan pembangunan kedepan yang akan bertumpu pada infrastruktur dalam rangka pemulihan ekonomi dan reformasi sosial.

"Serangkaian dengan akhir dari RPJMD Kota Gorontalo juga, saya akan merampungkan semua hal yang telah dilaksanakan di Kota Gorontalo. Ini akan menjadi laporan sekaligus pertanggungjawaban saya kepada masyarakat yang telah mempercayakan saya sebagai Walikota Gorontalo," ujar Marten. (WEB)

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya