Perkuat Pelaku UMKM, Mas Dhito Bangun Klinik Koperasi dan UMKM

Pemberdayaan koperasi dan UMKM

Kediri, IDN Times – Bupati Hanindhito Himawan Pramono atau yang akrab disapa Mas Dhito mendorong produk UMKM di Kabupaten Kediri siap eksport. Guna memantapkan pelaku UMKM, Pemkab Kediri melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro membangun Klinik Koperasi dan UMKM. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri Mamiek Amiyati menyampaikan, Klinik Koperasi dan UMKM merupakan program kebijakan dan strategi pemberdayaan bagi koperasi dan UMKM.

"Ketika koperasi dan UMKM mengalami permasalahan kita bantu menyelesaikan melalui serangkaian pembinaan dan pendampingan terpadu," katanya, Kamis (20/1/2020).

1. Berikan layanan dan konsultasi gratis

Perkuat Pelaku UMKM, Mas Dhito Bangun Klinik Koperasi dan UMKMDok. Pemkab Kediri

Pembinaan dan pendampingan terpadu yang dilakukan yakni melalui pemberian layanan konsultasi gratis, informasi bisnis, bantuan advokasi bisnis, layanan short course, akses pembiayaan, akses pemasaran, fasilitasi perijinan, dan pelatihan.

Klinik Koperasi dan UMKM itu didirikan dalam rangka memacu perkembangan dan ketangguhan koperasi dan UMKM. Untuk menunjang layanan yang komprehensif klinik ini didampingi oleh konsultan manajemen Koperasi dan UMKM serta melibatkan para penggiat Koperasi dan UMKM. 

"Keberadaan klinik ini terintegrasi dengan GARASI  (gerai rumah inkubasi) yang telah dilaunching oleh Mas Dhito," ungkapnya.

2. Bantu UMKM pasarkan produknya

Perkuat Pelaku UMKM, Mas Dhito Bangun Klinik Koperasi dan UMKMDok. Pemkab Kediri

Lokasinya yang berada di lingkungan Dinas Koperasi dan UMKM, klinik itu sekaligus menjadi tempat untuk membantu pelaku UMKM di Kabupaten Kediri dalam memasarkan produknya, yang meliputi berbagai produk kerajinan dan batik. Selain secara offline yang buka tiap hari dan jam kerja, pemasaran juga dibantu secara online.

"Orientasi kami ke depan kerajinan ini siap ekspor sesuai arahan Mas Dhito," tandasnya.

Ketua koperasi kerajinan batik Kabupaten Kediri Sunaryo mengaku, program Mas Dhito dalam menghidupkan UMKM dari berbagai macam kerajinan termasuk batik patut diapresiasi. Apalagi, saat ini Kabupaten Kediri telah memiliki batik khas.

3. Diharapkan UMKM makin kreatif

Perkuat Pelaku UMKM, Mas Dhito Bangun Klinik Koperasi dan UMKMDok. Pemkab Kediri

Dia pun berharap adanya Klinik Koperasi dan UMKM itu, para pelaku UMKM baik dari kerajinan maupun batik dapat bersatu dengan berbagai kreativitasnya sehingga akan lebih mudah dikenal. Disisi lain, adanya klinik itu sangat membantu dalam pemasaran. 

"Ini sangat luar biasa, karena di sini nanti juga ada tim yang membantu memasarkan secara online. Dengan perkumpulan UMKM seperti ini para pembatik sangat terbantu," ucapnya. (WEB)

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya