Rencana Dirikan BLK, Gubernur Gorontalo Kunjungi BLK Lembang

Sebagai acuan didirikannya BLK Gorontalo

Bandung, IDN Times -- Balai Latihan Kerja (BLK) Cikole Lembang, Bandung, mendapat kunjungan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, Jumat (20/11/2020). Dirjen Binalattas Kementerian Ketenagakerjaan, Budi Hartawan, menyambut langsung kedatangan Gubernur.

Gubernur Rusli mengatakan, kunjungannya dalam rangka melihat secara langsung aktivitas dan manfaat keberadaan BLK Lembang. Hal itu untuk nantinya menjadi acuan pendirian BLK di Gorontalo.

"Kita meninjau BLK Lembang dan Bandung sebagai percontohan untuk pendirian BLK di sana. Termasuk testimoni para instruktur dan peserta yang dilatih itu, hasilnya akan sangat bermanfaat buat masyarakat," kata Rusli.

1. Pemilihan BLK Lembang karena terdapat kemiripan dengan Gorontalo

Rencana Dirikan BLK, Gubernur Gorontalo Kunjungi BLK LembangDok. Kemnaker

Rusli beralasan, pemilihan BLK Lembang sebagai tempat percontohan karena terdapat kemiripan dengan Gorontalo, yakni mayoritas masyarakat Gorontalo berprofesi sebagai peternak dan petani.

"Kita mau mendidik petani itu betul-betul menjadi petani yang unggul, bukan petani yang turun temurun seperti itu," ucapnya.

Pada kesempatan itu, ia sempat mengelilingi lokasi proses pembudidayaan di tiga sektor, yaitu perikanan, peternakan, dan pertanian. Ia juga berbincang dengan para instruktur dan peserta pelatihan di tiga sektor tersebut. 

"Setelah melihat di sini sangat bagus. Anak-anak yang dilatih sangat respons. Instrukturnya sangat berpengalaman, hasilnya sudah ada. Bayangan saya itu, besok sudah (ada BLK) di Gorontalo karena melihat dari Jawa Timur ada, dari Lombok ada, dari NTT ada, dari Gorontalo pun sudah ada instrukturnya jadi betul-betul sudah mengakar dan terberdaya. Sudah sangat bermanfaat bagi mereka," terangnya.

Baca Juga: Akselerasi Bangun SDM, Kemnaker akan Dirikan BLK Pusat di Setiap Provinsi 

2. BLK dibangun untuk mencari solusi memperkecil ketimpangan keterampilan pencari kerja dengan perusahaan

Rencana Dirikan BLK, Gubernur Gorontalo Kunjungi BLK LembangDok. Kemnaker

Dirjen Binalattas, Budi Hartawan menyatakan apresiasi atas kunjungan Gubernur Gorontalo ke BLK Lembang. Budi berharap, BLK di Gorontalo dapat segera berdiri.

"Kami berharap ada BLK seperti ini juga bisa dibangun di Gorontalo, sehingga nanti hampir di seluruh provinsi ada BLK," kata Budi.

Budi mengatakan, BLK dibangun untuk mencari solusi jangka pendek agar dapat mendekatkan antara keterampilan di perusahaan dan keterampilan pencari kerja yang saat ini kesenjangannya masih terjadi.

"Kita harapkan ada BLK yang dibangun di sana, yang terintegrasi kejuruannya, bisa menghasilkan para pencari kerja yang bisa bekerja atau berwirausaha," ucapnya.

Baca Juga: Perkuat Pengawasan, Kemnaker Gelar Webinar KNK Perkebunan Kelapa Sawit

3. BLK Lembang siap membantu didirikannya BLK di Gorontalo

Rencana Dirikan BLK, Gubernur Gorontalo Kunjungi BLK LembangDok. Kemnaker

Senada dengan Dirjen Binalattas, Kepala BLK Lembang, Tuti Haryanti, menyampaikan terima kasih atas kunjungan gubernur dan kepercayaan kepada pihaknya untuk membantu mendirikan BLK di Gorontalo.

"Kami dari BLK Lembang siap mendukung dan kami siap membantu dalam proses perencanaan, set up, program-program pelatihannya, dan apa yang dibutuhkan di Gorontalo, kami siap membantu," kata Yanti.

Pada kesempatan itu, selain mengunjungi BLK Cikole, Lembang, Gubernur juga mengunjungi BBPLK Bandung (CSC).

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya