Comscore Tracker

Sebanyak 149 Juta Anak di Dunia Usia 0-5 Tahun Mengalami Stunting

Peringati Hari Aksi Anti Stunting yang pertama

Jakarta, IDN Times -- Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian, dan Pengembangan BKKBN Prof. Rizal Damanik mengatakan pemerintah Indonesia, menyampaikan penghargaan kepada sejumlah pihak yang memprakarsai Hari Aksi Anti Stunting yang ke-1. 

Peringatan ini mempertemukan para pembuat kebijakan, donor, dan akademisi untuk mempromosikan penelitian dan intervensi untuk memastikan bahwa setiap anak dapat mencapai potensi penuh terhadap pertumbuhannya.

1. Program yang optimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak

Sebanyak 149 Juta Anak di Dunia Usia 0-5 Tahun Mengalami StuntingIlustrasi anak stunting.brecorder.com

Hal itu dikatakan Prof. Rizal Damanik pada acara Webinar Action Against Stunting Awareness Day with The Topic "The Progress on Implementation of Stunting Policy and Program (Stunting Condition in Indonesia, Stunting Related Policy and Program, Gap on implementation," yang diselenggarakan secara virtual oleh Seameo Recfon.

Program Early Childhood Care and Nutrition Education (ECCNE) atau dikenal “Anakku Sehat dan Cerdas” diprakarsai oleh SEAMEO RECFON sejak tahun tiga tahun lalu. Program ini bertujuan untuk memberikan model implementasi PAUD Holistik Integratif untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. 

2. 149 juta anak di bawah usia lima tahun alami stunting

Sebanyak 149 Juta Anak di Dunia Usia 0-5 Tahun Mengalami StuntingUpaya pencegahan stunting. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Komponen-komponen penting yang terintegrasi dalam program ini mencakup lingkungan yang mendukung, pola asuh orangtua (parenting), pengasuhan dan pendidikan, gizi dan kesehatan, dan kebijakan serta partisipasi lintas sektoral.

Latar belakang diselenggarakannya kegiatan ini berdasarkan data tahun lalu, 149 juta anak di bawah usia lima tahun mengalami stunting. Anak-anak ini, lebih dari setengah tinggal di Asia sementara hampir 40% tinggal di Afrika. 

3. Stunting menghambat perkembangan anak

Sebanyak 149 Juta Anak di Dunia Usia 0-5 Tahun Mengalami StuntingIlustrasi (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

WHO menyebut stunting sebagai salah satu hal yang berarti dan menghambat perkembangan manusia atau gagal tumbuh dan berkembang anak. 

Forum ini menjadi kesempatan bagi sejumlah negara masih terdapat anak stunting untuk menyampaikan tantangan yang dihadapi sehingga dapat dicarikan solusi penyelesaian bersama. (WEB)

Topic:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya