Injak Usia 24 Tahun, SP BPJS TK Perkuat Solidaritas Dukung BPJAMSOSTEK

Solidaritas dibutuhkan demi menghadapi segala ketidakpastian

Jakarta, IDN Times -- Serikat Pekerja BPJS Ketenagakerjaan (SP BPJS TK) genap memasuki usia 24 tahun. Usia yang sudah tergolong dewasa ini dimaknai oleh Ketua Umum SP BPJS TK Ahmad Edi Komaruddin dengan terus memperkuat solidaritas seluruh anggota untuk bersama mengawal dan berjuang sekaligus menjadi mitra strategis institusi BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami memaknai kata tersebut sebagai bagian dari perjuangan yang tiada henti untuk mempertahankan eksistensi kedua organisasi ini. Memiliki rasa senasib, sepenanggungan, dan seperjuangan, yang di dalamnya muncul sebuah pernyataan kesetiaan dan militansi untuk berkarya dan berbakti,” ujar Edi dalam sambutannya di kegiatan HUT dan Rakernas SP BPJS TK Tahun 2023, Kamis (11/5/2023).

1. Tantangan organisasi akan semakin menantang dan penuh ketidakpastian

Injak Usia 24 Tahun, SP BPJS TK Perkuat Solidaritas Dukung BPJAMSOSTEKIlustrasi BPJS Ketenagakerjaan. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Dia meyakini, ke depan, tantangan organisasi akan semakin menantang dan penuh ketidakpastian, baik yang datang dari internal organisasi maupun eksternal. Edi menekankan untuk setiap anggota agar dapat merespons dengan efektif bentuk-bentuk ketidakpastian yang terjadi tersebut.

“Kita harus memberikan peran dari berbagai level, mulai dari konseptor, negosiator. hingga eksekutor baik di tingkat kantor cabang, wilayah, maupun kantor pusat.  Semuanya dimuarakan untuk tetap menjaga keberadaan institusi ini, bersama bahu- membahu untuk menampilkan eksistensi BPJS Ketenagakerjaan di tingkat nasional maupun global,” ujarnya.

Perayaan HUT yang ke-24 BPJS TK ini dihadiri oleh Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo dan jajaran direksi, menteri ketenagakerjaan yang diwakili oleh Indah Anggoro Putri, ILO Country Office for the Indonesia Abdul Hakim, afiliasi PSI, KSBSI, KSPI, KSPSI, SARBUMUSI, KSPN, ASPEK, FOKKA, IPOJK, SPJR, dan IPEBI.

Baca Juga: BPJAMSOSTEK dan Wagub Jateng Serahkan Santunan Kematian Teknisi Lift  

2. Dirut BPJAMSOSTEK mengajak seluruh anggota SP BPJS TK untuk terus menjaga dan mengawal institusi BPJS Ketenagakerjaan

Injak Usia 24 Tahun, SP BPJS TK Perkuat Solidaritas Dukung BPJAMSOSTEKDirektur Utama BPJAMSOSTEK, Anggoro Eko Cahyo. (Dok. BPJAMSOSTEK)

Senada dengan itu, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo juga mengajak seluruh anggota SP BPJS TK untuk terus menjaga dan mengawal institusi BPJS Ketenagakerjaan. Anggoro mengibaratkan jika BPJS Ketenagakerjaan adalah sebuah kapal besar, SP BPJS TK adalah bagian dari kapal tersebut.

“Seperti Mars SP, di mana SP berpandangan jauh ke depan, berpikiran terbuka, dan profesional. Untuk itu, manajemen mengajak SP mengamankan dan mengawal kapal besar institusi ini untuk mencapai tujuan. Karena SP adalah bagian dari kapal ini. Jadi, mari sama-sama kita jaga,” kata Anggoro.

Anggoro meyakini, dia dan jajaran direksi yang lain akan memastikan apa yang sudah dijanjikan akan bisa di-deliver. “Tahun lalu pencapaian kita sangat baik, terima kasih buat SP karena menjadi pendamping mitra strategis kita,” ujarnya.

3. Pihak Kemenaker mendorong SP BPJS TK membangun trust dan menghadirkan program bermutu

Injak Usia 24 Tahun, SP BPJS TK Perkuat Solidaritas Dukung BPJAMSOSTEKBPJS Ketenagakerjaan (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Menutup kegiatan tersebut, Dirjen PHI dan Jamsos Indah Anggoro Putri yang hadir mewakili menaker juga mengucapkan selamat bertambahnya usia SP BPJS TK dan dirinya berpesan agar dalam Rakernas diselenggarakan akan dibahas dua target umum atau program kerja yang dirinya titipkan.

“Satu, membahas program yang benar-benar meyakinkan direksi dan juga pemerintah khususnya Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Keuangan untuk benar-benar meyakinkan kita semua bahwa program dari SP ini benar-benar bermutu dan mendukung target pelindungan sosial bagi pekerja Indonesia. Dan, juga yang kedua adalah membangun trust. Semoga SP BPJS TK ke depan semakin dewasa, semakin berperan, dan semakin bermanfaat bagi Indonesia,” kata Indah. (WEB)

Baca Juga: BPJAMSOSTEK Beri Penghargaan kepada Pemprov Kalbar Atas Capaian Ini

Topik:

  • Ahmad Faisal

Berita Terkini Lainnya