TelkomGroup Pastikan Kualitas Layanan Prima saat Idul Fitri

Telkom tingkatkan kapasitas bandwidth Jayapura hingga 2Gbps

Jakarta, IDN Times – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442H, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk  (Telkom) terus melakukan berbagai persiapan dan upaya pengamanan infrastruktur demi memastikan kualitas  layanan diterima masyarakat tetap prima.

Tak hanya mengawal kualitas jaringan dan mengantisipasi lonjakan trafik  telekomunikasi nasional, TelkomGroup secara khusus menyiagakan “Posko TelkomGroup Siaga RAFI 2021” yang operasionalisasinya resmi dimulai pada Jumat (7/5) melalui kick off yang dilakukan oleh Direktur Network & IT  Solution Telkom Herlan Wijanarko didampingi Direktur Consumer Service Telkom Venusiana, Direktur Wholesale & International Service Telkom Dian Rachmawan, dan Executive General Manager Divisi Service Operation Telkom  Akhmad Ludfy serta turut diikuti melalui video conference oleh Direktur Enterprise Business Telkom Edi Witjara dan  Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin Rasyid. 

TelkomGroup Siaga RAFI (Ramadan Idul Fitri) 2021 sendiri merupakan rangkaian kegiatan tahunan dalam  menghadapi Ramadan dan Idul Fitri yang diselenggarakan secara nasional hingga seluruh Telkom Regional dalam  tema besar “Tetap Terhubung dan Terlindung” dengan tiga program utama yakni Layanan Prima, Paket Khusus, dan  Telkom Berbagi. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan sejak awal Ramadan hingga beberapa hari setelah Idul Fitri. 

1. 88 posko telah dioperasikan

TelkomGroup Pastikan  
Kualitas Layanan Prima saat Idul FitriDirektur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko (kiri) melakukan peninjauan infrastruktur jaringan akses Telkom. Dok.Telkom

Sebanyak 88 posko dioperasikan oleh lebih dari 20 ribu petugas yang standby 24x7 baik nasional, Telkom Regional, divisi fungsi atau unit bisnis hingga anak perusahaan telah disiagakan Telkom untuk memonitor kualitas layanan  TelkomGroup hingga tanggal 18 Mei 2021. Adapun seluruh petugas posko memantau layanan TelkomGroup secara  digital melalui aplikasi. 

Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko mengatakan, “Di tengah pandemi yang masih berlangsung  dan imbauan larangan mudik yang berpotensi pada meningkatnya trafik telekomunikasi di mana masyarakat akan  sangat mengandalkan konektivitas untuk bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman, kami berkomitmen  untuk memberikan kenyamanan kepada seluruh masyarakat yang merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan  memberikan layanan yang prima dan berkualitas yang dimonitor rutin melalui posko layanan yang terintegrasi. Dengan adanya konektivitas yang andal, semoga masyarakat dapat dengan mudah berkomunikasi baik melalui  telepon, video conference hingga berbagi konten lebaran.”

2. Beri apresiasi pada petugas posko

TelkomGroup Pastikan  
Kualitas Layanan Prima saat Idul FitriDirektur Utama Telkom Ririek Adriansyah (tengah) disaksikan Direktur Consumer Service Telkom FM Venusiana R (kiri) & Direktur Utama Telkom Akses Semly Saalino (kanan) meresmikan Telkom Akses Command Center di Legok, Banten beberapa waktu yang lalu. (Dok. Telkom)

Herlan juga mengapresiasi petugas posko yang mendedikasikan diri untuk mengawal layanan TelkomGroup meski dalam suasana merayakan Hari Raya. “Terima kasih atas dukungan dan komitmen petugas posko di seluruh Indonesia yang merelakan waktu kebersamaannya bersama keluarga untuk mengawal kualitas layanan untuk pelanggan. Tetap fokus pada empat hal yakni disiplin operasi, quick response, quick action serta utamakan keamanan  dan keselamatan,” tambah Herlan. 

Pada kesempatan yang sama, Herlan juga menyampaikan progress pemulihan layanan TelkomGroup di Jayapura  yang sempat terganggu sebagai dampak putusnya sistem komunikasi kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) ruas Biak – Sarmi. 

3. Bandwidth di Jayapura sudah mencapai 2Gpbps

TelkomGroup Pastikan  
Kualitas Layanan Prima saat Idul FitriIlustrasi fasilitas Wifi.Id di Wifi Corner yang disediakan PT Telkom. (Istimewa)

“Alhamdulillah kapasitas bandwidth Telkom di Jayapura yang sudah up mencapai 2 Gbps di mana 500 Mbps  dukungan dari infrastruktur Palapa Ring Timur dan 1.507 Mbps dari link satelit yang dioperasikan Telkomsat. Selain iitu, kami juga sudah menyiapkan kapal yang akan berangkat untuk melakukan penyambungan dan perbaikan pada  kabel yang terputus. Mohon doa dan dukungan dari semua pihak agar proses perbaikan berjalan lancar dan  masyarakat Jayapura dapat memperoleh layanan seperti sedia kala secepatnya,” ungkap Herlan. 

Total kapasitas bandwidth Telkom yang pulih di Jayapura saat ini mencapai 2,007 Gbps. Telkom terus mengupayakan  agar kapasitas ini semakin meningkat dengan mengerahkan teknisi dan petugas lapangan untuk pengaktifan link  back up serta mengawal proses pemulihan layanan agar segera terselesaikan. (WEB)

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya