Akselerasi Talenta Digital, Kemendikbudristek dan Kominfo Kolaborasi

Kampus Merdeka dan Digital Talent Scholarship bersinergi

Jakarta, IDN Times - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tentang “Kesinergisan Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia melalui Pelaksanaan Kampus Merdeka dan Beasiswa Talenta Digital (Digital Talent Scholarship)” pada Senin (10/5/2021).

Acara penandatangan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan secara daring oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nizam dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenkominfo Hary Budiarto.

1. Sambut baik kerja sama yang dijalin

Akselerasi Talenta Digital, Kemendikbudristek dan Kominfo KolaborasiDirjen Dikti Kemendikbudristek Nizam. (Dok. Kemendikbudristek)

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nizam menyambut baik kerja sama yang dijalin antara Ditjen Dikti dan Badan Litbang SDM Kominfo. Nizam mengatakan sinergi antar kementerian dan antar sektor sangat penting dalam upaya pengembangan sumber daya manusia Indonesia, terutama dalam akselerasi talenta digital di lingkungan perguruan tinggi.

Selain itu, kolaborasi ini bertujuan meningkatkan mutu dan sinergi program bidang komunikasi dan informatika dengan program bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.

“Implementasi perjanjian kerja sama ini akan sejalan dengan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, dengan kegiatan utamanya untuk mendukung peningkatan kualitas sektor pendidikan tinggi Indonesia. Dengan terjun secara langsung, kita memiliki harapan untuk menciptakan kemajuan sumber daya manusia yang unggul dari Sabang sampai Merauke," jelas Nizam.

Baca Juga: Diluncurkan Hari Ini, Berikut 3 Program KIHAJAR 2021 Kemendikbudristek

2. Program Digital Talent Scholarship sesuai dengan lima arahan dari presiden

Akselerasi Talenta Digital, Kemendikbudristek dan Kominfo Kolaborasistudyinjapan.go.jp

Nizam juga menjelaskan saat ini melalui kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka, mahasiswa memiliki peluang untuk meningkatkan kompetensi di luar program studi yang mereka tempuh.

Kemendikbud telah bekerja sama dengan 17 kementerian/lembaga tinggi negara untuk melakukan sinergi program dalam upaya mengimplementasikan kebijakan Kampus Merdeka. Kerja sama antara Dikti dan Kemenkominfo diharapkan mampu melahirkan banyak talenta digital dari perguruan tinggi.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kominfo Hary Budiarto menyampaikan bahwa program Digital Talent Scholarship sudah sesuai dengan lima arahan dari presiden tentang pelaksanaan reformasi digital.

“Program Beasiswa Talenta Digital (Digital Talent Scholarship) ini sudah kita lakukan sesuai dengan arahan dari Pak Presiden. Ada lima arahan yang disampaikan, salah satunya pelaksanaan pelatihan 600 ribu talenta digital yang dilatih setiap tahunnya. Pelaksanaan pelatihan ini tentunya akan sangat membantu untuk terciptanya SDM yang unggul,” ujarnya.

3. Beberapa strategi dari Program Beasiswa Talenta Digital

Akselerasi Talenta Digital, Kemendikbudristek dan Kominfo Kolaborasiunsplash.com/mimi thian

Program Beasiswa Talenta Digital ini mempunyai beberapa strategi antara lain, yaitu mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan tenaga kerja kemudian menyediakan pelatihan untuk ahli kompetensi pada era industri 4.0.

Kemudian juga mengembangkan talenta digital yang berdaya saing dan berkarakter yang tidak hanya menguasai kompetensi teknis yang ada, tetapi juga akan diberikan pelatihan soft skill

Perjanjian kerja sama antara Ditjen Dikti Kemendikbudristek dengan Badan Litbang SDM Kominfo diharapkan dapat menjadi upaya penyiapan talenta digital andal dalam menghadapi revolusi industri 4.0. (WEB)

Baca Juga: Wujudkan Merdeka Belajar, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan! 

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya