Comscore Tracker

SIG Optimis Bangun Bangsa Melalui 5 Inovasi Future Living  

Menghadirkan industri building material berkelanjutan

Jakarta, IDN Times – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) yang kini menjadi penyedia solusi bahan bangunan membawa harapan baru untuk membangun kehidupan berkelanjutan bagi generasi bangsa yang akan datang. Mengusung tema Go Beyond Next - Embracing Future Living, SIG menciptakan solusi yang tidak hanya memenuhi harapan stakeholder, tetapi juga menjadi pendorong bertumbuhnya industri building material yang memperhatikan keberlanjutan (sustainability).

Berlokasi di Jakarta Convention Center, rebranding Semen Indonesia turut dihadiri seluruh direksi dan komisaris SIG; Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin; Staf Ahli Kementerian PUPR, A. Gani Ghazaly Akman; Florian Heinzelmann & Daliana Suryawinata dari SHAU, Ringgo Agus Rahman dan Ardzuna Sinaga dari Urban+.

Sebelum peresmian rebranding SIG, Direktur Pemasaran dan Supply Chain, Adi Munandir, memaparkan apa yang menjadi tantangan besar Indonesia kedepannya, terkhusus dalam hal percepatan pembangunan.

“Kita melihat Indonesia di masa depan akan menghadapi tantangan dan mempunyai peluang besar. Kita siap menghadapi itu semua. Pertumbuhan penduduk Indonesia 10 tahun mendatang bertambah 28 juta penduduk. Artinya, dalam waktu 1 tahun harus ada 700 ribu rumah tambahan atau infrastruktur. Tetapi sayangnya tidak semua kebutuhan dapat kita penuhi. Belum lagi masalah sampah mencapai 64 juta ton sampah kota menumpuk. Bisakah kita tumbuh berkembang dan melindungi lingkungan kita sekaligus?,” kata Adi, Selasa (11/2).

1. DynaHome

SIG Optimis Bangun Bangsa Melalui 5 Inovasi Future Living  IDN Times/Cynthia Kirana

Quick development and quick construction. Inovasi yang dikembangkan SIG ini dalam satu hari bisa menyelesaikan satu rumah. Sebagai gambaran, tentu membutuhkan 500 pekerja untuk membangun 1.000 rumah dalam waktu 1 tahun. Dalam sistem DynaHome, 60 pekerja mampu menggarap 3.000 rumah.

“It's not if, we have change. DynaHome menyelesaikan masalah men-develop home dan memberikan rumah yang ramah bagi masyarakat,” jelas Adi.

2. ThruCrete

SIG Optimis Bangun Bangsa Melalui 5 Inovasi Future Living  IDN Times/Ester Ajeng

Sesuai komitmennya, SIG memenuhi standar kepuasan dan persyaratan melindungi lingkungan. Oleh karena itu, hadirlah ThruCrete yang mengizinkan air untuk masuk ke dalam air. 

Menurut Adi, isu tentang lahan perkotaan yang terbatas, bisa kita selesaikan dengan memberikan ruang untuk air masuk ke dalam tanah. Selain itu, membangun infrastruktur di tengah kota dan menjaga lingkungan dengan baik.

3. PuriCrete

SIG Optimis Bangun Bangsa Melalui 5 Inovasi Future Living  IDN Times/Ester Ajeng

Bukan hanya ThruCrete, produk terbaru SIG ada PuriCrete. PuriCrete adalah solusi beton yang bisa menyerap polutan. Mengurangi kadar polusi udara hingga 20 persen dalam waktu 2 jam. Produk ini telah berhasil dikembangkan dan mulai diimplementasikan di perkotaan. 

4. SpeedCrete

SIG Optimis Bangun Bangsa Melalui 5 Inovasi Future Living  IDN Times/Cynthia Kirana

SIG sudah tumbuh menjadi perusahaan solusi di masa depan. Bayangkan di sebuah perkotaan, di suatu jalan yang padat dan kondisinya rusak, apalagi berada di tengah kemacetan, sangat sulit untuk melakukan konstruksi. Nah, dengan hadirnya SpeedCrete, solusi memperbaiki jalan hanya memakan waktu 3-4 jam. Produk dari SIG ini bisa memenuhi kebutuhan perkotaan yang belum ada. 

It's urban technology. Jakarta menjadi salah satu klien kita,” papar Adi,

5. Sobat Bangun

SIG Optimis Bangun Bangsa Melalui 5 Inovasi Future Living  IDN Times/Ester Ajeng

Platform digital yang menghubungkan antara arsitek terkemuka dengan desain khususnya. Mengedepankan rumah berorientasi masa depan dan health living. Sobat Bangun mewujudkan mimpi masyarakat mempunyai rumah impian karena pelayanannya cepat, mudah, aman, dan bukan lagi khayalan menempati rumah 2.0 atau rumah ramah lingkungan.

“Setelah pengguna platform tersebut memilih konsep bangunannya, akan ada seseorang yang menemani anda sampai rumah dibangun selesai,” ucap Adi.

Sebagai penutup, Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin, menyampaikan kebanggaannya terhadap inovasi yang digagas SIG.

“Dari beberapa perusahaan BUMN yang kami perhatikan, Semen Indonesia menjadi perusahaan paling baik dalam menghadapi perubahan. Kami bangga dengan Semen Indonesia, ke depan kami berharap produk Semen Indonesia menjadi komponen utama yang digunakan dalam membangun perumahan rakyat, gedung, dan bangunan monumental di Indonesia,” tuturnya.

Topic:

  • Ester Ajeng
  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya