Makin Beken, Batik Indonesia Dikenakan Pemain NBA, Justin Holiday

Kapan nih kamu pakai batik?

Amerika Serikat, IDN Times - Konjen RI Chicago Meri Binsar Simorangkir terus mempopulerkan batik dengan menyerahkannya kepada salah satu pemain NBA Atlanta Hawks, Justin Holiday, usai pertandingan antara Atlanta Hawks dan Milwaukee Bucks di Milwaukee. Justin pun sempat mengunggah foto dan videonya mengenakan baju batik tersebut di akun Instagram @justholla7.

Di video tersebut, Justin tampak sangat terkesan dan motif, kualitas dan model baju batik yang dibuat custom-made sesuai dengan tingginya yang menjulang di 6”6 atau 1,98 m. Adapun batik ini merupakan kolaborasi antara KJRI Chicago, Desainer Batik Ai Syarif dan Wahono, serta Justin Holiday yang dimulai sejak bulan November 2021.

1. Terus populerkan Indonesia di kancah internasional

Makin Beken, Batik Indonesia Dikenakan Pemain NBA, Justin HolidayPemain NBA Atlanta Hawks, Justin Holiday menerima batik usai pertandingan (Instagram/indonesiainchicago)

Konjen RI Chicago menyampaikan bahwa batik ini bukanlah tujuan akhir, tapi suatu tahap untuk terus galakkan nama Indonesia di Amerika Serikat. Menurutnya dengan memberikan batik untuk pemain NBA yang sangat dikenal, pesan tentang Indonesia akan mampu mencapai audience yang selama ini belum pernah tersentuh.

“Kita tidak hanya ingin Justin Holiday mengenakan batik, tapi juga ingin Justin Holiday untuk datang ke Indonesia, berlibur ke Bali dan juga bertemu dengan pecinta basket di Indonesia,” ujar Meri pada keterangannya.

Sebagai informasi, batik ini adalah hasil karya salah satu pemenang Lomba Batik Persahabatan Indonesia-AS bertajuk The Best of Both Worlds: Batik as Bridge Between Two Nations. Bertajuk Cakra Asih Pinager Lung, batik ini menggambarkan kebijaksanaan, cinta-kasih, kebijakan dan ilmu pengetahuan.

Baca Juga: Kemenparekraf Targetkan 4,4 Lapangan Kerja Baru hingga 2024

2. Berawal dari lomba batik

Makin Beken, Batik Indonesia Dikenakan Pemain NBA, Justin HolidayPemain NBA Atlanta Hawks, Justin Holiday menggunakan batik buatan Indonesia (Instagram/indonesiainchicago)

Desainer Ai Syarif menceritakan bagaimana proses batik ini bisa terjadi. Menurutnya, proses pembuatan batik memakan waktu kira-kira 4 bulan. Setelah pattern selesai, Ai Syarif memulai proses produksi dengan pembuatan alat cap di Bangka Belitung. Batik dibuat langsung di Lasem, Rembang.

“Semua dimulai saat KJRI Chicago menghubungi saya untuk menjadi juri lomba batik. Kemudian, kami bekerja sama untuk produksi batik yang motifnya adalah buah karya Mas Wahono," ujar Ai Syarif.

Ia juga menyesuaikan batik dengan gaya personal Justin Holiday, yang akhirnya berujung pada pembuatan bukan kemeja tradisional, tapi overcoat, bomber jacket, dan celana training yang semuanya dibuat tangan. Desainer batik Wahono pun mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang langka ini.

“Saya merasa sangat terhormat motif batik karya saya bisa menjadi salah satu jembatan penghubung persahabatan Indonesia-AS,” katanya.

3. Justin merasa terhormat kenakan batik

Makin Beken, Batik Indonesia Dikenakan Pemain NBA, Justin HolidayPemain NBA Atlanta Hawks, Justin Holiday unggah foto dan video menggunakan batik (Instagram/justholla7)

Justin Holiday sendiri mengatakan betapa terhormat dan bangganya dia mengenakan batik Indonesia. Ia pun mengatakan bahwa pergi ke Bali adalah salah satu keinginan terbesarnya.

“Saya pemain NBA, jadi saya tahu rasanya mempunyai fans. Tapi saya belum pernah menerima cinta sebesar cinta yang diberikan orang – orang Indonesia,” kata Justin.

Justin Holiday juga memberikan kredit untuk Rocky Padillah dari Time Out Indonesia sebagai orang yang pertama kali memperkenalkan Indonesia kepadanya. “Rocky dan orang – orang Indonesia telah memperlakukan saya dengan baik, sehingga saya sangat ingin membalas dan menunjukkan rasa cinta dan terima kasih saya pada Indonesia,” ujarnya

Kisah batik ini juga masuk ke radar Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Menparekraf Sandiaga Uno yang semuanya mengunggah video dan foto batik ke akun Instagram mereka. Tak hanya itu, koleksi batik ini pun rencananya akan dibangun menjadi capsule collection oleh Ai Syarif. (WEB)

Baca Juga: Keren Abis, Kemenparekraf Bakal Ciptakan Metaverse untuk Pariwisata RI

Topik:

  • Evan Yulian Philaret

Berita Terkini Lainnya