Erick Thohir Pastikan Borobudur Jadi Pariwisata Spiritual Kelas Dunia

InJourney jaga keseimbangan antara wisata dan spiritual

Magelang, IDN Times - Menteri BUMN, Erick Thohir memastikan Candi Borobudur, Magelang, Jawa  Tengah, akan terus terjaga dari aspek wisata maupun nilai spiritualnya. Melalui PT Aviasi Pariwisata  (Persero) atau InJourney, Borobudur dipastikan akan menjadi destinasi pariwisata spiritual kelas dunia. 

“Kami, BUMN terus memastikan aset-aset yang dikelola oleh BUMN ini bermanfaat, termasuk candi  Borobudur. Kita ingin menjaga keseimbangan sebagai wisata, tapi yang paling penting adalah  spiritualnya.” katanya pada 4 Juni 2023 saat menghadiri pelepasan lampion pada Festival Purnama di rangkaian perayaan  Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. 

1. InJourney lakukan penataan ulang Candi Borobudur

Erick Thohir Pastikan Borobudur Jadi Pariwisata Spiritual Kelas DuniaCandi Borobudur (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Erick Thohir menyebutkan BUMN  Holding Pariwisata dan Pendukungnya, InJourney akan memastikan agar ekosistem Borobudur dapat dikelola dengan baik. Adapun InJourney, secara terus menerus melakukan penataan ulang Candi Borobudur dengan melakukan berbagai  terobosan menyiapkan Borobudur sebagai destinasi wisata spiritual. 

“Saya benar-benar ingin memastikan asset-aset BUMN punya value yang baik. Bagaimana waktu itu kita  bentuk InJourney untuk memastikan ini menjadi ekosistem pariwisata yang baik,” ungkapnya. 

Penyusunan masterplan yang menyeluruh juga tengah dilakukan oleh InJourney dengan 4 prioritas utama. Pertama yaitu menjadikan Candi Borobudur sebagai kawasan konservasi, kedua mengembalikan fungsi Candi Borobudur sebagai salah satu pusat tujuan wisata spiritual, ketiga menjadikan Candi Borobudur sebagai sarana edukasi warisan budaya dan yang terakhir adalah menjadi penggerak kegiatan ekonomi bagi masyarakat di  kawasan sekitar Candi Borobudur.

Beberapa hasil upaya InJourney tersebut diantaranya terbukti dengan lancar dan khusuknya prosesi perayaan Waisak yang dipusatkan di kawasan Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah. 

Baca Juga: InJourney Cetak Kenaikan Laba Lebih dari 100 Persen pada TW I-2023

2. Momentum kolaborasi stakeholder dan masyarakat

Erick Thohir Pastikan Borobudur Jadi Pariwisata Spiritual Kelas Duniailustrasi Candi Borobudur (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria, mengatakan perayaan tahun ini menjadi momentum  menyatukan semangat kolaborasi seluruh stakeholder dan elemen masyarakat dalam mendorong Candi  Borobudur menjadi destinasi spiritual umat Buddha seluruh dunia. Ia memaparkan, perayaan ini terselenggara berkat kerja sama dan dukungan berbagai pihak. 

Beberapa diantaranya adalah Kementerian BUMN, anak usaha InJourney, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu  Boko (TWC), Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Perwakilan  Umat Buddha Indonesia, Majelis Agama Buddha Mahanikaya Indonesia, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah,  Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang serta stakeholder terkait lainnya.  

"Ini merupakan pertama kali kolaborasi yang sangat signifikan. Kita harapkan ke depannya kerja sama  antara kami dengan saudara-saudara umat Buddha semakin erat, dan kita harapkan di tahun-tahun  mendatang lebih maksimal lagi," ungkap Dony. 

3. Keseimbangan antara konservasi, spiritual, edukasi, dan komersial

Erick Thohir Pastikan Borobudur Jadi Pariwisata Spiritual Kelas DuniaMenteri BUMN Erick Thohir (Dok. InJourney)

InJourney bersama anak usahanya TWC, lanjutnya, membantu seluruh kebutuhan yang diperlukan untuk  membantu kelancaran dan keberhasilan perayaan puncak Waisak tahun ini. Salah satunya dengan  diberlakukan sistem zonasi atau pemetaan kawasan bagi wisatawan. 

Pemetaan ini melingkupi kepentingan konservasi, spiritual, edukasi dan komersial. Dengan pembagian zona tersebut, umat Buddha yang beribadah bisa khusyuk dan masyarakat bisa menikmati wisata di Candi Borobudur tanpa mengganggu yang beribadah. Sehingga, semua aktivitas di dalam kawasan Candi Borobudur dapat berlangsung dengan seimbang.  

"Kami banyak sekali melakukan pertemuan dengan saudara-saudara umat Buddha, bagaimana kita menjadikan Borobudur tidak hanya sebagai satu warisan budaya tentunya, tapi kami juga menginginkan ada soul di dalam Candi Borobudur," ungkap Dony. 

Selain itu, InJourney dengan dukungan Kementerian BUMN serta stakeholders turut mendukung  terimplementasikannya sistem Single Authority Management. Hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden  yang terupdate dalam Rapat Terbatas tentang Pariwisata Borobudur Tanggal 14 Juni 2022 lalu untuk  mewujudkan pengelolaan yang terintegrasi di Kawasan Cagar Budaya. (WEB)

Baca Juga: Demi Kelancaran Puncak Perayaan Waisak 2023, InJourney Siapkan Ini

Topik:

  • Evan Yulian Philaret

Berita Terkini Lainnya