Deal, Dua Negara Ini Tertarik Ikut Proyek Pengembangan  MRT Jakarta

Kerja sama ini tercipta berkat G20 lo!

Bali, IDN Times – Dua negara yaitu Jepang dan Inggris, menyatakan minatnya untuk berpartisipasi pada proyek pengembangan angkutan massal perkotaan MRT Jakarta. Pada Senin (14/11), telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Indonesia dengan Jepang dan Inggris, yang berlangsung di Bali.

Penandatanganan ini dihadiri oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri untuk Kerja Sama Luar Negeri Jepang Satoru Mizushima, Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins, serta PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

1. Penandatanganan MoU strategis

Deal, Dua Negara Ini Tertarik Ikut Proyek Pengembangan  MRT JakartaMenteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi bersama Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste Owen Jenkins (Dok. DJKA)

Ada dua nota kesepahaman yang ditandatangani. Pertama adalah Memorandum of Cooperation (MoC) antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Jepang tentang kelanjutan pembangunan MRT Jakarta East-West Line Phase 1. Kedua, Letter of Intent (LoI) antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Inggris tentang Kerja Sama Pembangunan MRT Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Menhub mengatakan, saat ini banyak negara yang berkeinginan untuk melakukan investasi membangun infrastruktur transportasi di Indonesia, khususnya MRT. “Jepang dan Inggris merupakan dua mitra strategis Indonesia yang telah banyak melakukan kerja sama yang saling menguntungkan di berbagai bidang, termasuk sektor transportasi,” ucap Menhub Budi.

Baca Juga: 10 Fasilitas yang Tersedia di Stasiun MRT Jakarta, Sudah Tahu?  

2. Momen G20 gaet kerja sama antar negara

Deal, Dua Negara Ini Tertarik Ikut Proyek Pengembangan  MRT JakartaUpacara pembukaan G20 Indonesia (g20.org)

Menhub menjelaskan, momentum Presidensi Indonesia dalam KTT G20 tahun ini dimanfaatkan untuk mencari peluang kerja sama pembangunan infrastruktur transportasi dengan banyak negara, melalui pendanaan kreatif non-APBN. Hal ini dilakukan agar pembangunan infrastruktur transportasi dapat terus dilakukan di tengah keterbatasan APBN.

Pemerintah berharap MoU menjadi langkah awal percepatan pengembangan MRT di Jakarta. Hal ini dapat menjadi solusi mengurangi kemacetan dan juga sebagai moda transportasi publik yang ramah lingkungan, sehingga mampu mengurangi polusi dan meningkatkan kualitas udara bersih.

“Saat ini DKI Jakarta dinilai sebaga kota yang cukup representatif untuk percontohan pengembangan angkutan massal perkotaan. Tempat-tempat lain yang sekarang sedang akan dilakukan studi berkaitan dengan MRT dan LRT yaitu Medan, Bandung, Surabaya, dan Bali.” tutur Menhub.

3. Inggris dan Jepang harap kerja sama terus berlanjut

Deal, Dua Negara Ini Tertarik Ikut Proyek Pengembangan  MRT JakartaProyek MRT Fase 1 (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Pada kesempatan yang sama, Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste Owen Jenkins mengungkapkan kebanggaannya karena Inggris telah ambil bagian dalam pengembangan transportasi kereta di Indonesia, termasuk proyek MRT Jakarta east-west fase pertama dan proyek LRT Jakarta.

"Inggris selalu siap untuk mendukung Kementerian Perhubungan dan Pemerintah DKI Jakarta untuk mengembangkan fase-fase MRT berikutnya, termasuk melalui Expression of Interest dari UK Export Finance untuk menyiapkan pendanaan sebesar $1,25 miliar. Kami siap untuk berkolaborasi dengan seluruh mitra untuk membawa kerja sama ini ke tahap selanjutnya," ujar Owen.

Sementara itu, Wakil Menteri untuk Kerja Sama Luar Negeri Jepang Satoru Mizushima mengatakan, Jepang telah berpartisipasi pada pembangunan MRT Jakarta koridor selatan - utara (Lebak Bulus - HI). Ia meyakini dapat membantu  memfasilitasi pembangunan MRT selanjutnya yaitu koridor timur - barat.

“Saya berharap kelanjutan kerja sama ini akan semakin meningkatkan kerja sama kedua negara ke depannya di sektor perkeretaapian,” ucap Satoru. (WEB)

Baca Juga: Mudik Naik Kereta, Cek Harga Tiket Kereta Api Jakarta-Surabaya 2022

Topik:

  • Evan Yulian Philaret

Berita Terkini Lainnya