Jabar Optimistis Bisa Menjadi Provinsi Pertama Bebas Polio

Cakupan SUB PIN POLIO Jawa Barat meningkat signifikan

Bandung, IDN Times - Provinsi Jawa Barat (Jabar) optimis bisa menjadi provinsi pertama yang menyandang status bebas polio. Ketua Tim Pelaksana Vaksinasi Polio Jawa Barat Dedi Supandi menyampaikan, sebanyak 3,2 juta anak sudah mendapatkan imunisasi polio dari target 3,9 juta anak. 

Pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap pertama ini sudah dimulai sejak tanggal 3 April dan akan berakhir 15 April 2023 serentak di seluruh Jabar. "Sudah tercapai 3,2 juta anak atau 82,7 persen, tinggal 700.000-an lagi," ujar Dedi di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (11/4/2023). 

1. Targetkan 3,9 juta anak mendapat imunisasi di tahap pertama

Jabar Optimistis Bisa Menjadi Provinsi Pertama Bebas PolioImunisasi bayi di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Fauzan)

Dedi menyebut, pihaknya akan terus memaksimalkan imunisasi polio hingga tahap pertama selesai. Adapun target Sub PIN Polio di Jabar, yaitu di angka 95 persen dari 3,9 juta anak sudah diimunisasi hingga tanggal 15 April nanti. 

Ia melanjutkan, hingga saat ini capaian tertinggi imunisasi polio ada di Kabupaten Majalengka. Sedangkan, daerah dengan capaian imunisasi terendah adalah Kota Depok. 

Baca Juga: 3,2 Juta Anak-Anak di Jabar Sudah Imunisasi Polio

2. Perbedaan jumlah target imunisasi

Jabar Optimistis Bisa Menjadi Provinsi Pertama Bebas Polioilustrasi imunisasi polio tetes (who.int/Tuuli Hongisto)

Untuk Kota Depok, Dedi menyebut terdapat perbedaan jumlah target yang ditentukan dari Kementerian Kesehatan. Saat ini Wali Kota Depok sedang mengajukan permohonan kepada Kemenkes agar target imunisasi polio disesuaikan dengan hasil surveilans Kota Depok. 

"Target yang ditentukan surveilans dengan Kemenkes ini berbeda, makanya Pak Wali Kota Depok sedang mengajukan permohonan targetnya disesuaikan dengan hasil surveilans Kota Depok," sebut Dedi. 

3. Tidak ada penambahan kasus polio

Jabar Optimistis Bisa Menjadi Provinsi Pertama Bebas PolioIlustrasi Imunisasi (Dok. Kemenkes)

Sejauh ini, Provinsi Jabar belum mencatat adanya penambahan kasus polio di Jabar. Dedi optimistis Jabar akan menjadi provinsi pertama yang keluar dari kasus polio. 

"Tidak ada penambahan kasus. Jabar optimistis menjadi provinsi pertama yang akan keluar dari kasus polio karena akan segera selesai vaksinasinya," ujar Dedi. (WEB)

Baca Juga: Pemprov Jabar Beri Banyak Dukungan ke Pemerintah Desa, Apa Saja?

Topik:

  • Evan Yulian Philaret

Berita Terkini Lainnya