Pemkab Kediri Fasilitasi Bus Sekolah Bagi Pelajar Terdampak Bandara 

Pelajar hingga orang tua merasa terbantu dengan Bajes

Kediri, IDN Times - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (Mas Dhito) telah mengoperasionalkan Bus Antar Jemput Sekolah (Bajes) untuk memfasilitasi para pelajar terdampak pembangunan Bandara Internasional Dhoho Kediri.

Keberadaan Bajes ini menjadi solusi bagi para pelajar di Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan dan Desa Kalipang, Kecamatan Grogol yang akan berangkat menuju ke sekolah. Sebab, adanya pembangunan bandara jarak untuk menuju ke sekolah harus memutar lebih jauh.

1. Dengar aspirasi warga

Pemkab Kediri Fasilitasi Bus Sekolah Bagi Pelajar Terdampak Bandara Berangkat sekolah bersama-sama teman dengan Bajes (Dok. Pemkab Kediri)

Sejak dioperasionalkan pada awal tahun ajaran baru Juli 2022 lalu, dua armada Bajes telah dimanfaatkan untuk mengangkut pelajar yang menuju sekolah SD Bulusari 1 dan SMP Negeri 3 Grogol secara gratis.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Mokhamat Muhsin menyampaikan, Bajes merupakan jawaban atas aspirasi yang disampaikan warga kepada bupati Mas Dhito.

"Adanya Bajes ini diharapkan para pelajar tidak lagi kesulitan untuk menuju ke sekolah mereka," katanya, Minggu (25/9).

Baca Juga: Pemkab Kediri Prioritaskan Bangun Dua Jembatan 

2. Antar siswa SD hingga SMP

Pemkab Kediri Fasilitasi Bus Sekolah Bagi Pelajar Terdampak Bandara Orang tua dan siswa-siswi yang memanfaatkan Bajes (Dok. Pemkab Kediri)

Bajes yang disediakan oleh Pemkab Kediri mengantar siswa mulai dari SD hingga SMP. Para pelajar pun tak khawatir terlambat ke sekolah karena penjemputan dilakukan lebih awal.

Adapun rute armada yang mengangkut anak SD dimulai dari Dusun Selang - Jalan Baru - Simpang 3 Bangkrep - Jl. Kediri-Nganjuk - Kaliboto - Becek- Bulusari - SD Bulusari 1. Seperti rute untuk menuju SD Bulusari 1, titik kumpul penjemputan mulai Dusun Selang gang 1,2,3 dan titik kumpul penjemputan keempat di Kaligede.

Waktu pemberangkatan mulai pukul 06.00 WIB dan untuk pulang pukul 10.30 dan 12.00 WIB.

Sementara, rute Bajes yang membawa anak SMP dengan pemberangkatan dari Kalipang - Kajar - Grogol - Grogol Etan - Jl Baru - Dahu - Sonorejo - Bedrek - Sembak - Gringging - Bulusari - SMP Negeri 3 Grogol. Pemberangkatan mulai pukul 05.30 WIB dan pulang pukul 13.25 WIB.

3. Bantu orang tua lebih hemat

Pemkab Kediri Fasilitasi Bus Sekolah Bagi Pelajar Terdampak Bandara Pexels.com/maitree rimthong

Manfaat fasilitas Bajes dirasakan para pelajar hingga orang tua. Apalagi di tengah kondisi kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) saat ini, Bajes menjadi jawaban untuk menghemat pengeluaran harian.

Orang tua cukup mengantar anaknya sampai ke titik-titik penjemputan yang berada tak jauh dari rumah mereka. "Ada titik-titik kumpul untuk penjemputan, jadi orang tua cukup mengantarkan ke titik kumpul," ungkap Muhsin.

Atika Ningsih (9) pelajar kelas 3 SD Bulusari 1 mengaku senang bisa menggunakan Bajes. Ia menyebut ada banyak teman yang menemaninya bersama berangkat sekolah menggunakan Bajes "Senang naik Bajes, banyak temannya," ucap pelajar asal Dusun Selang, Bulusari itu. (WEB)

Baca Juga: Pemkab Kediri Rencanakan Pembangunan TPA Regional

Topik:

  • Evan Yulian Philaret

Berita Terkini Lainnya