Jangan Khawatir, Kualitas Pertalite Sudah Sesuai Aturan Pemerintah

Beli BBM di penyalur resmi, ya!

Jakarta, IDN Times - PT Pertamina (Persero) menjamin kualitas bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite (RON 90) tidak berubah. Pertalite yang dipasarkan melalui lembaga penyalur resmi di Indonesia sudah sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 Yang Dipasarkan Di Dalam Negeri.

“Batasan dalam spesifikasi Dirjen Migas yang menunjukkan tingkat penguapan pada suhu kamar di antaranya adalah parameter Reid Vapour Pressure (RVP). Saat ini hasil uji RVP dari Pertalite yang disalurkan dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina masih dalam batasan yang diizinkan, yaitu dalam rentang 45-69 kPa (Kilopascal),” jelas Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting dalam keterangannya, Rabu, 21 September 2022.

1. Sudah melalui pengawasan kualitas

Jangan Khawatir, Kualitas Pertalite Sudah Sesuai Aturan PemerintahIlustrasi karyawan SPBU Pertamina yang mengisi bahan bakar (Dok. Pertamina)

Pertamina sudah melakukan pengawasan kualitas ketat untuk menjamin seluruh produk BBM yang disalurkan melalui lembaga penyalur resmi seperti SPBU dan Pertashop sesuai dengan spesifikasi. Irto mengucapkan, produk BBM yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ada tidak akan disalurkan ke masyarakat.

Dengan demikian, mutu dan kualitas BBM yang digunakan bisa sesuai dengan spesifikasi kendaraan yang dibutuhkan. Jadi, kamu gak perlu kuatir lagi nih!

Baca Juga: 6 Perbedaan Pertamax dan Pertalite yang Perlu Kamu Tahu 

2. Jangan lupa beli BBM di penyalur resmi

Jangan Khawatir, Kualitas Pertalite Sudah Sesuai Aturan PemerintahPengisian BBM oleh karyawan Pertamina (Dok. Pertamina)

Selain memberikan produk berkualitas, Pertamina juga tidak lupa mengimbau agar konsumen melakukan pembelian BBM di lembaga penyalur resmi, seperti SPBU dan Pertashop. BBM yang didapatkan melalui penyalur tersebut sudah terjamin kualitas dan keamanannya.

BBM yang bagus tentunya juga akan menjaga kualitas kendaraan agar tetap baik. Jadi, jangan ragu untuk membeli BBM kamu dari SPBU atau Pertashop, ya!

3. Sesuaikan BBM dengan jenis kendaraan

Jangan Khawatir, Kualitas Pertalite Sudah Sesuai Aturan PemerintahIlustrasi mobil yang mengisi bahan bakar di SPBU Pertamina (Dok. Pertamina)

Lebih jauh, masyarakat juga diimbau untuk mengisi BBM sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam buku panduan kendaraan bermotor karena pabrikan telah menyesuaikan bahan bakar yang cocok sesuai jenis kendaraan. Pergantian isi jenis BBM dengan kadar oktan (RON) yang berbeda juga tidak direkomendasikan.

“Sebaiknya pengendara selalu konsisten dalam memilih bahan bakar yang berkualitas, agar mesin kendaraan selalu awet dan terawat. Lebih aman menggunakan bahan bakar berkualitas dengan oktan/cetane yang direkomendasikan oleh pabrikan, agar mesin dapat bekerja secara maksimal,” tutup Irto. (WEB)

Baca Juga: Harga Pertalite Resmi Naik, Ini Keunggulan dan Kekurangannya

Topik:

  • Evan Yulian Philaret
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya