Borong Juara dari Pertamina, 'Suara Hati Elang Bondol' Kisahkan Ironi

Pertamina ajak milenial lestarikan elang bondol

Jakarta, IDN Times - Ada yang tahu maskot DKI Jakarta? Dalam video yang dibuat teman-teman Sahabat Semata, kebanyakan orang salah menjawab pertanyaan itu. Ada yang menjawab Monas, Ondel-ondel, Persija, bahkan harimau. Padahal, maskot Jakarta itu elang bondol, guys!

Teman-teman dari Sahabat Semata yang juga para Duta Elang Bondol, baru-baru ini mengikuti kompetisi Video Pendek Kampanye Konservasi Elang Bondol yang digagas Pertamina Marketing Operation Region III bersama Jakarta Animal Aid Network (JAAN).

Nah, video "Suara Hati Elang Bondol" karya tim Bright Gas didapuk sebagai Karya Terbaik pada Anugerah Video Pendek Kampanye Konservasi Elang Bondol, di Jakarta, Sabtu (7/9). Bukan cuma meraih Juara 1, video itu juga menjadi Karya Favorit Pilihan warganet berdasarkan Like terbanyak di Instagram @pertaminamor3, keren, ya!

1. Kompetisi video pendek Pertamina mengajak milenial melestarikan elang bondol

Borong Juara dari Pertamina, 'Suara Hati Elang Bondol' Kisahkan IroniIDN Times/Ezri TS

Anugerah Video Pendek Kampanye Konservasi Elang Bondol ini digelar untuk mengapresiasi Sahabat Semata yang berkompetisi, sehingga para milenial lain dapat tergerak ikut melestarikan elang bondol. Buat kamu ketahui, saat ini elang bondol tersisa 29 ekor di tempat konservasi lho.

"Kami melihat karya edukasi yang membanggakan karena diproduksi para generasi muda kreatif, yang peduli akan keberlanjutan maskot Jakarta. Milenial dengan bahasanya masing-masing, mengajak anak sebaya untuk peduli pada pelestarian elang bondol,” kata Dewi Sri Utami, Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina.

2. Memprihatinkan, kondisi elang bondol saat ini belum banyak diketahui orang

Borong Juara dari Pertamina, 'Suara Hati Elang Bondol' Kisahkan IroniIDN Times/Ezri TS

Dalam videonya, tim Bright Gas dari Sahabat Semata mengisahkan bahwa elang bondol kini mulai tersisihkan di Ibu Kota. Tim yang beranggotakan 10 orang ini mendokumentasikan suara hati elang bondol yang terdengar gagah, tetapi jumlahnya nyaris punah karena lingkungan rusak dan ulah manusia yang memburu unggas itu.

M Surya Alam (21), anggota tim Bright Gas dari Sahabat Semata, sebelumnya mengaku tidak mengetahui soal kondisi elang bondol, meski ia anggota mapala di kampusnya. Melalui kompetisi yang digagas Pertamina MOR 3 ini, ia merasa beruntung mendapat pengalaman dan mengetahui kondisi ironis elang bondol saat ini.

Ke depannya, Alam dan timnya bakal lebih aktif mengampanyekan dan memviralkan pelestarian elang bondol di media sosial dan di kegiatan car free day. "Kita akan pakai cara-cara milenial melalui media sosial untuk mengampanyekan program pelestarian elang bondol ke depannya," ujar Alam.

3. PT Pertamina (Persero) mendukung pelestarian elang bondol sebagai maskot DKI Jakarta

Borong Juara dari Pertamina, 'Suara Hati Elang Bondol' Kisahkan IroniIDN Times/Ezri TS

Alam bersama sekitar 60 orang teman-temannya di Sahabat Semata kini menjadi Duta Elang Bondol. Mereka terpilih melalui proses seleksi dari 10 SMA dan 5 universitas di sekitar DKI Jakarta, termasuk Kepulauan Seribu, untuk
mendukung pelestarian elang bondol sebagai maskot DKI Jakarta.

Sebelum kompetisi video pendek kampanye pelestarian elang bondol dimulai, Duta Sahabat Semata mengunjungi pusat konservasi elang bondol di Pulau Kotok, Kepulauan Seribu, dan edukasi pelestarian lingkungan.

Kegiatan tersebut merupakan program CSR atau tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan yang merupakan rangkaian kegiatan PT Pertamina (Persero) dalam mendukung pelestarian elang bondol sebagai maskot DKI Jakarta.

"Kegiatan Duta Sahabat Semata tidak hanya sampai di sini. Karena masih banyak lagi program-proram edukasi yang akan dibuat bersama untuk sosialisasi pelestarian elang bondol," tutur Dewi.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya