Atalia Ridwan Kamil Resmikan Kamarang, Kantin Gratis bagi Duafa & Musafir

Kantin sedekah ini lahir atas inisiasi para donatur Rengganis

Kota Bandung, IDN Times - Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat yang juga Ketua Umum Jabar Bergerak, Atalia Praratya Ridwan Kamil, resmi membuka Kantin Sedekah Kamarang (Kantin Mesra Rengganis) di Rumah Singgah Humanis (Rengganis) Jl Wastukencana No 73, Kota Bandung, Minggu (6/10).

Kantin sedekah ini lahir atas inisiasi para donatur Rengganis. Usai diresmikan Atalia, kantin ini akan beroperasi setiap hari pada pukul 12.00 siang atau jam makan siang dengan 100 porsi makanan per hari untuk para pasien dan keluarga pasien Rengganis, kaum duafa, dan musafir secara gratis.

"Jadi ini terbuka untuk umum dan sifatnya gratis selama mereka tidak mampu, kekurangan makanan, sedang dalam perjalanan, atau sebagainya. Untuk tahap awal disediakan 100 porsi, tapi ke depan akan terus ditambah," kata Atalia.

1. Kamarang merupakan peningkatan dari program sebelumnya

Atalia Ridwan Kamil Resmikan Kamarang, Kantin Gratis bagi Duafa & MusafirIDN Times/Humas Jabar

Adapun Rengganis sendiri merupakan rumah peristirahatan bagi pasien yang kekurangan dana untuk menyewa kamar atau rumah ketika melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) atau rumah sakit lainnya di sekitar Bandung.

Sebelumnya, program memberikan makanan gratis pada duafa dan musafir dilakukan satu minggu sekali pada Jumat sejak Rengganis dibuka 20 Agustus.

2. Melalui Kamarang, semoga makin banyak yang tergerak membantu sesama

Atalia Ridwan Kamil Resmikan Kamarang, Kantin Gratis bagi Duafa & MusafirIDN Times/Humas Jabar

Berikutnya, Atalia pun yakin akan makin banyak donatur yang ingin turut serta dalam program Kantin Sedekah ini, termasuk melalui Jabar Bergerak yang menjadi salah satu wadah tepercaya untuk bersedekah.

"Karena ini sifatnya betul-betul dari kita, oleh kita, untuk kita, jadi harapannya semakin banyak mereka yang tergerak hatinya untuk membantu sesama," ujar Atalia.

"Sejauh ini yang saya pahami itu banyak sekali orang baik yang bingung harus donasikan infak zakatnya ke mana. Kami dengan sangat terbuka akan menerimanya dan insyaallah semuanya akan terbuka secara transparan juga," tambahnya.

3. Kamarang wadah kerja sama untuk mengatasi masalah-masalah sosial di Jabar

Atalia Ridwan Kamil Resmikan Kamarang, Kantin Gratis bagi Duafa & MusafirIDN Times/Humas Jabar

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Dodo Suhendar yang turut hadir dalam peresmian Kamarang mengatakan, program ini dapat menjadi salah satu wadah kerja sama berbagai pihak untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial di Jawa Barat.

"Dengan ini, mudah-mudahan permasalahan sosial di Jawa Barat dapat terselesaikan. Masalah apa pun perlu inovasi dan kolaborasi. Dalam hal ini, tentu sudah terjawab bagaimana kita berinovasi dengan hadirnya Rumah Singgah beserta Kantin Sedekah," kata Dodo.

"Lalu ada kolaborasi antarpemerintah bersama aktivis sosial melalui Jabar Bergerak, ada pengusahanya, ada juga dari akademisi juga yang lainnya. Jadi ini merupakan satu kolaborasi yang bagus," ucap Dodo mengakhiri.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya