Jaga Stok Pangan Akhir Tahun, BULOG Serap Langsung Beras Petani  

Hal itu sekaligus menjaga harga jual padi

Banten, IDN Times – Perum BULOG kembali melakukan tindakan korporasi penting saat pandemik Covid-19 dengan melakukan penyerapan langsung gabah/beras petani pada musim panen raya. Hal itu sebagai upaya menjaga stok pangan nasional pada akhir tahun sekaligus menjaga harga jual padi di level petani.

Direktur Utama Perum BULOG Budi Waseso memimpin langsung penyerapan gabah/beras petani yang dilakukan langsung Perum BULOG di Pandeglang, Banten, Selasa (28/7), bersama sejumlah direksi dan Bupati Pandeglang Irna Narulita, serta Kapolres AKBP Sofwan Hermanto dan Dandim Letkol Inf. Denny Juwon Pranata.

Budi Waseso atau akrab disapa Buwas terjun langsung ke lokasi panen raya di Desa Rancaseneng, Kecamatan Cikeusik, Pandeglang, Banten, untuk membuktikan BULOG konsisten menyerap beras petani guna mendukung pergerakan ekonomi di tingkat petani sehingga dapat memulihkan roda perekonomian nasional selama pandemik Covid-19.

“Pada saat kondisi panen di seluruh wilayah Indonesia, BULOG menjamin semua wilayah dapat dijangkau oleh satker BULOG, contohya seperti saat ini di Pandeglang ada sekitar 400 hektar sawah yang sedang panen, dan pekan lalu saya juga instruksikan beberapa Direksi melakukan hal yang sama dengan langsung menjemput panen petani di Cilacap Jawa Tengah dan di Gowa Sulawesi Selatan,”  kata Budi Waseso.

1. Penyerapan gabah/beras petani tersebut untuk menggerakkan perekonomian di tingkat petani

Jaga Stok Pangan Akhir Tahun, BULOG Serap Langsung Beras Petani  IDN Times/BULOG

Selain memupuk stok sebagai cadangan beras pemerintah untuk kebutuhan sampai dengan akhir tahun, kegiatan penyerapan gabah/beras petani dalam negeri ini juga menggerakkan perekonomian di tingkat petani sehingga dapat memulihkan roda perekonomian sesuai dengan arahan Presiden Jokowi selama pandemik Covid-19 ini.

Mantan Kabareskrim itu juga menargetkan pengadaan dalam negeri yang hingga akhir tahun 2020 adalah 1,4 juta ton setara beras, jumlah tersebut sudah diperhitungkan secara matang sesuai dengan kondisi dilapangan. Buwas menegaskan bahwa tidak ada wilayah yang tidak bisa dijangkau oleh BULOG untuk diserap hasil panennya.

2. Realisasi pengadaan beras dalam negeri hingga akhir Juli tersebar di wilayah kerja Perum Bulog seluruh Indonesia

Jaga Stok Pangan Akhir Tahun, BULOG Serap Langsung Beras Petani  IDN Times/BULOG

Budi Waseso pun mengatakan realisasi pengadaan beras dalam negeri sampai dengan minggu ke IV Juli 2020 mencapai 850 ribu ton di wilayah kerja Perum BULOG seluruh Indonesia. Hal itu merupakan hasil kerja keras seluruh jaringan BULOG di seluruh Indonesia di tengah pandemik Covid-19.

3. BULOG menjaga harga jual petani selama masa panen melalui penyerapan tersebut

Jaga Stok Pangan Akhir Tahun, BULOG Serap Langsung Beras Petani  ANTARA FOTO/Aji Styawan

Penyerapan yang dilakukan BULOG secara serentak itu bertujuan menjaga harga jual petani selama masa panen. Hal itu sesuai dengan salah satu tugas yang diamanatkan kepada Perum BULOG, yaitu menyerap bahan pangan pokok, khususnya gabah/beras dari petani, guna menjaga kestabilan harga di tingkat petani.

“BULOG konsisten membantu kehidupan petani, terlebih pada masa sulit seperti sekarang. Hal itu dilakukan melalui kelompok tani, kelompok penggilingan dan stakeholder lainnya. Yang BULOG lakukan ini juga sesuai Instruksi Presiden, yaitu Pemerintah Membeli dan Rakyat Memproduksi,” kata Buwas.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya