Comscore Tracker

Akan Gelar IP Talks, DJKI Ajak Kreatif dan Inovatif Saat Pandemi Covid-19

IP Talks juga menyambut Hari Kekayaan Intelektual Sedunia

Jakarta, IDN Times – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) akan menggelar IP Talks From Home bertema “Pelindungan Kekayaan Intelektual di Tengah Pandemi” untuk menyambut Hari Kekayaan Intelektual Sedunia pada 26 April 2020. Rencananya, IP Talks akan digelar tiga hari pada 24 April hingga 26 April 2020.

Dengan disiarkan melalui Live Streaming Video Conference di kanal YouTube resmi DJKI, IP Talks  ini akan menghadirkan pakar-pakar yang kompeten di bidang Kekayaan Intelektual (KI), seperti musikus Candra Darusman dan Once Mekel, Direktur Inovasi ITS Surabaya Dr Ir Achmad Affandi, Creative Director Jember Festival David K Susilo, dan banyak lagi. IP Talks pun bakal memberi ruang diskusi dan edukasi pelindungan Hak Cipta, khusus terkait persoalan royalti; paten, desain industri, serta Kekayaan Intelektual Komunal (KIK).

“Meskipun pemerintah mengharuskan untuk menjaga jarak dan membatasi kegiatan di luar rumah, masyarakat Indonesia tetap harus berkreasi dan berinovasi. Salah satunya bisa melalui kegiatan-kegiatan yang akan kami selenggarakan,” ujar Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Dirjen KI) Freddy Harris.

1. Masyarakat dapat mengikuti kompetisi saat IP Talks untuk ikut peduli pada pelindungan KIK

Akan Gelar IP Talks, DJKI Ajak Kreatif dan Inovatif Saat Pandemi Covid-19Instagram.com/@djki.kemenkumham

Pada rangkaian IP Talks, DJKI juga mengajak masyarakat untuk turut serta peduli terhadap pelindungan KIK melalui Kompetisi Foto Kuliner Nusantara bertema “Post COVID-19: What Would You Eat or Drink?”. Cara mengikutinya, masyarakat dapat mengunggah karya berupa foto panganan khas Nusantara melalui Instagram sampai 23 April 2020. Keterangan lebih lanjut mengeni kegiatan tersebut bisa didapatkan di hariki.dgip.go.id atau melalui media sosial DJKI Kemenkumham.

2. DJKI berharap masyarakat makin sadar akan pentingnya melindungi KIK pada 2020 ini

Akan Gelar IP Talks, DJKI Ajak Kreatif dan Inovatif Saat Pandemi Covid-19Instagram.com/@djki.kemenkumham

DJKI mencanangkan 2020 sebagai Tahun Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) sebagai program unggulan. Harapannya, database inventaris KIK semakin meningkat dan masyarakat semakin sadar pentingnya melindungi KIK.

“KIK merupakan cara pemerintah untuk melindungi keanekaragaman budaya dan hayati Indonesia, termasuk memperkuat kepemilikan KIK dan mencegah pihak asing untuk membajak atau mencuri KIK Indonesia,” ungkap Freddy.

Selain itu, keunikan KIK yang mengandung unsur karakteristik warisan tradisional dapat menjadi daya tarik baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk mengunjungi daerah-daerah di Indonesia. Hal itu akan berdampak pada meningkatnya perekonomian daerah dari sektor pariwisata.

Topic:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya