ODF Terus Didorong, Kota Malang Raih Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

ODF di Malang bakal berkelanjutan

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan RI Nila Djuwita F Moeloek memberikan penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) kepada Kota Malang. Wali kota Malang Sutiaji menerima langsung penghargaan tersebut pada acara peringatan Hari Kesehatan Lingkungan Se-Dunia ke-9, di gedung Profesor Suyudi Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Rabu (2/10).

Wali Kota Sutiaji mengatakan bahwa apresiasi atau penghargaan yang diberikan kepada Kota Malang akan terus dipertahankan. Selain itu, gerakan sanitasi seperti Open Defecation Free (ODF) bakal berkelanjutan terus-menerus di Malang, dengan berbasis masyarakat.

"Jadi gerakan akan terus kita lakukan bersama-sama mulai dari RT, RW, dan seterusnya. Kalau ODF ini sesungguhnya kami sudah lama. Kami melakukan percepatan untuk menggalang bagaimana bisa 100 persen," tutur Wali Kota Sutiaji.

1. Manfaat ODF yang membuat Kota Malang makin baik

ODF Terus Didorong, Kota Malang Raih Sanitasi Total Berbasis MasyarakatIDN Times/Pemkot Malang

Open Defecation Free (ODF) merupakan kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Melalui kondisi tersebut, kesehatan masyarakat akan terjaga sehingga berpengaruh pada kualitas hidup masyarakat yang makin baik.

Dengan terus mendorong ODF berbasis masyarakat, Kota Malang pun membuktikannya melalui angka stunting yang relatif kecil. Selain itu, Wali Kota Sutiaji mengatakan, angka harapan hidup Kota Malang pun naik.

"Berkaitan dengan stunting, kami tidak ada. Angka stunting kami relatif kecil. Angka harapan hidup kami naik. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kami naik. Itu menunjukkan sebetulnya tingkat IPM kita cukup tinggi. Salah satu indikatornya adalah kesehatan masyarakat," tutur Wali Kota Sutiaji.

2. Penyebaran penyakit dapat terjadi jika pembuangan tinja tidak memenuhi syarat

ODF Terus Didorong, Kota Malang Raih Sanitasi Total Berbasis MasyarakatIDN Times/Pemkot Malang

Menteri Nila mengatakan, pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat, sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan sehingga rekayasa pada akses dengan memutuskan rantai penularan harus dilakukan.

"Supaya usaha tersebut berhasil, akses masyarakat pada jamban (sehat) harus mencapai 100 persen pada seluruh komunitas. Keadaan ini kemudian lebih dikenal dengan istilah Open Defecation Free (ODF)," tutur Menteri Nila.

3. Berbagai program di Kota Malang yang diinisiasi masyarakat akan berkelanjutan

ODF Terus Didorong, Kota Malang Raih Sanitasi Total Berbasis MasyarakatIDN Times/Ezri TS

Selain ODF yang terus didorong Pemkot Malang, berbagai program berbasis masyarakat di Malang juga terus didukung. Wali Kota Sutiaji pun memaparkan beberapa program di Pemkot Malang yang memang diinisiasi masyarakat.

"Warna-warni yang mendunia itu sesungguhnya program yang diinisiasi warga. Itu murni dari masyarakat. Kelurahan-kelurahan tematik yang lagi kita kembangkan basisnya masyarakat semua. Kegiatan di kami orientasinya banyak dari masyarakat. Artinya ketika program tersebut dari masyarakat, kontinuitasnya akan tinggi," tutur Sutiaji.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya