Menarik! LIPI dan Quipper Sajikan Hasil Penelitian Melalui Konten Video

Kolaborasi LIPI-Quipper mendekatkan penelitian dengan milenial

Jakarta, IDN Times - Mendengar kata 'penelitian', mungkin kita akan beranggapan bahwa hal itu begitu serius dan berat. Padahal, jika disajikan dengan menarik dan kontekstual, hasil penelitian akan meningkatkan pengetahuan dan minatmu akan sesuatu lho.

Berangkat dari hal itu, Quipper dan LIPI pun berkolaborasi membuat konten penelitian sejak Maret 2019. Video pembelajaranlah yang dipakai sebagai media penyampai materi sesuai kurikulum sekolah untuk meningkatkan literasi dan minat pelajar terhadap penelitian.

Business Development Manager Quipper Indonesia Ruth Ayu Hapsari mengatakan bahwa tantangan pendidikan ke depan tidak hanya bertransformasi digital, tetapi juga penting memberikan kontekstualisasi terhadap pelajaran dan permasalahan di sekitar.

"Untuk melahirkan inovasi dalam menyelesaikan berbagai macam masalah itu, anak muda harus paham akan pentingnya penelitian. Kami senang sekali bisa mendapat kepercayaan untuk berkolaborasi dengan LIPI," tutur Ayu dalam media briefing di Jakarta Selatan, Selasa (10/12).

1. LIPI berharap kolaborasi bersama Quipper dapat lebih memasyarakatkan ilmu pengetahuan

Menarik! LIPI dan Quipper Sajikan Hasil Penelitian Melalui Konten VideoIDN Times/Ezri TS

Kepala Balai Informasi Teknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prapti Sasiwi, S.Kom menyampaikan hal senada bahwa kolaborasi dalam penggarapan video penelitian yang dikemas lebih segar, kontekstual, dan menggunakan animasi dapat menarik minat siswa untuk lebih cinta dan menyenangi penelitian.

“Saya berharap kolaborasi antara LIPI dan Quipper ini dapat membantu memasyarakatkan ilmu pengetahuan, utamanya ya tentu pada generasi milenial melalui video edukasi," tutur Prapti.

2. Tiga peneliti unjuk gigi ikut dalam pembuatan konten pembelajaran bersama Quipper

Menarik! LIPI dan Quipper Sajikan Hasil Penelitian Melalui Konten VideoIDN Times/Ezri TS

Tiga orang peneliti yang telah dipilih LIPI untuk divisualisasikan hasil penelitiannya, antara lain Amir Hamidi, Jerry Yogaswara, dan Intan Suci Nurhati. Ketiganya melewati pembuatan konten video pembelajaran bersama tim kreatif Quipper.

Pembuatan konten penelitian dengan ketiga peneliti tersebut pun melalui fact checking dan diskusi yang terus-menerus sebagai kontrol terhadap kualitas konten yang selama ini menjadi kunci utama keberhasilan Quipper Indonesia.

Konten pembelajaran tersebut dapat langsung kamu dinikmati gratis baik di Youtube LIPI maupun Quipper, serta di aplikasi Quipper Video lho.

3. Kolaborasi Quipper dan LIPI begitu mengesankan bagi keduanya

Menarik! LIPI dan Quipper Sajikan Hasil Penelitian Melalui Konten VideoDok. Quipper

Salah satu peneliti yang terlibat, Intan Suci Nurhati, PhD - peneliti paleoseanografi LIPI, merupakan peneliti muda pemenang National Young Scientist Awards 2017. Wanita yang baru-baru ini terpilih menjadi salah satu dari 100 Most Influential Women versi National Geographic itu pun menyampaikan bahwa dirinya senang dan berharap lebih banyak siswa yang mempelajari ilmu paleoseanografi atau mengikuti jejaknya sebagai peneliti.

“Banyak sekali hal baru yang saya pelajari saat proses shooting. Belajar bagaimana berbicara di depan kamera dan juga menjelaskan hasil penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami ternyata cukup bikin deg-degan, ya!” ungkap Intan.

Quipper dan LIPI juga menyatakan bahwa proses panjang dalam pembuatan konten video pembelajaran bersama para peneliti hebat Indonesia dan tim kreatif merupakan pengalaman yang tak terlupakan.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya