Comscore Tracker

Digelar Bulan Depan, Ini 5 Acara Utama Pekan Kebudayaan Nasional

Wajib ikut nih guys!

Jakarta, IDN Times - Sejak awal tahun hingga akhir bulan ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar berbagai aktivitas untuk memastikan kegiatan unggulan bertajuk Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) dapat berjalan baik. Perhelatan tersebut bulan depan bakal digelar lho, yakni 7-13 Oktober di Istora Senayan, Jakarta.

Buat kamu ketahui, Kemendikbud menginisiasi Pekan Kebudayaan Nasional sejak kesuksesan Strategi Pemajuan Kebudayaan yang diterima langsung oleh Presiden Joko Widodo. Nah, sebagai salah satu wadah untuk mewujudkan strategi itu ke tengah masyarakat, Pekan Kebudayaan Nasional pun direncanakan.

Rangkaian aktivitas kebudayaan dari desa ke Ibu Kota akan digelar dalam Pekan Kebudayaan Nasional. Perhelatan ini menyediakan ruang bagi keragaman ekspresi budaya, mendorong interaksi untuk memperkuat kebudayaan yang inklusif, serta melindungi dan mengembangkan nilai ekspresi dan praktik kebudayaan nasional.

"Ruang Bersama Indonesia Bahagia" akan menjadi tema Pekan Kebudayaan Nasional untuk yang pertama kalinya. Tema tersebut mengacu pada stanza kedua lagu "Indonesia Raya tiga Stanza" yang berbunyi "Marilah Mendoa, Indonesia Bahagia". Selain itu, pemilihan tema tersebut sesuai dengan pidato Presiden Joko Widodo pada penutupan Kongres Kebudayaan Indonesia yang menyatakan bahwa inti dari kebudayaan ialah kegembiraan.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid mengatakan, Pekan Kebudayaan Nasional merupakan wujud implementasi dari agenda strategi pemajuan kebudayaan dalam Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) 2019, yakni menyediakan ruang bagi keragaman ekspresi budaya dan mendorong interaksi budaya untuk memperkuat kebudayaan yang inklusif.

"Setidaknya ada lima kegiatan utama dalam penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Nasional, yaitu: kompetisi permainan rakyat, konferensi pemajuan kebudayaan, ekshibisi kebudayaan, pergelaran pawai budaya bangsa, dan pawai budaya," ujar Hilmar.

Nah, ini lima acara utama Pekan Kebudayaan Nasional yang bisa kamu ikuti:

1. Kompetisi permainan rakyat

Digelar Bulan Depan, Ini 5 Acara Utama Pekan Kebudayaan NasionalIDN Times/Daruwaskita

Dengan melibatkan banyak pihak, mulai dari provinsi hingga ke sekolah-sekolah, kompetisi berbasis Objek Pemajuan Kebudayaan Daerah hingga Pusat ini melombakan sejumlah permainan rakyat, antara lain Gobak Sodor, Terompah Panjang, Egrang, dan Tari Balok.

2. Ekshibisi Kebudayaan

Digelar Bulan Depan, Ini 5 Acara Utama Pekan Kebudayaan Nasionalromadecade.org

Eksibisi Kebudayaan bakal menampilkan kekayaan budaya 34 provinsi, Intervensi Kementerian dan Lembaga dalam Pemajuan Kebudayaan, Wastra Nusantara, Warisan Budaya Tak Benda, Warisan Dunia, hingga desa percontohan Pemajuan Kebudayaan.

3. Konferensi Pemajuan Kebudayaan

Digelar Bulan Depan, Ini 5 Acara Utama Pekan Kebudayaan NasionalPixabay/Eko1810

Konferensi ini akan membicarakan pengetahuan tradisional, florikultura, ekonomi budaya, asal usul DNA, hingga ketahanan pangan

4. Pergelaran Karya Budaya Bangsa

Digelar Bulan Depan, Ini 5 Acara Utama Pekan Kebudayaan Nasionalkonfrontasi.com

Pergelaran ini bakal menampilkan kebolehan sejumlah seniman dan artis ternama, seperti Didi Kempot, serta pemusik yang tengah digandrungi masyarakat.

5. Pawai Budaya

Digelar Bulan Depan, Ini 5 Acara Utama Pekan Kebudayaan NasionalIDN Times/Diantari Putri

Bakal dinanti-nanti, 10.000 peserta bakal mengikuti Pawai Budaya. Acara ini juga akan menampilkan Ritus Nyawiji, Suara Anak Bangsa dan Rampak Nusantara (640 GSMS), 200 Penari Indonesia Permai, dan Variasi Baris-berbaris.

Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Sri Hartini mengatakan bahwa Direktorat Jenderal Kebudayaan telah menyiapkan sejumlah aktivitas, baik secara substansi maupun teknis pengorganisasian yang sudah disusun sejak awal 2019.

"Selama awal persiapan, berbagai kegiatan pendukungan dan partisipasi PKN telah dimulai di daerah-daerah di Indonesia. Adapun bentuk pelaksanaannya terbagi menjadi empat bidang, yakni Pasanggiri (kompetisi), Pergelaran, Pameran, dan Salawicara (konferensi)," tutur Sri.

Tujuan praperhelatan tersebut juga untuk meningkatkan animo masyarakat jelang Pekan Kebudayaan Nasional. Untuk makin menarik masyarakat, desain dan tata ruang PKN tak lepas dari khazanah budaya Indonesia. Secara konsep, visual ruang luar area Istora Senayan akan didesain dengan mengambil simbol-simbol budaya yang dimiliki Indonesia.

Topic:

  • Ezri Tri Suro

Just For You