Comscore Tracker

Pertukaran Budaya, Oman-RI Bakal Gelar Pameran Bersama di Perpusnas

Pameran juga bertujuan memperkuat persaudaraan kedua negara

Jakarta, IDN Times - Untuk makin memperkuat pertukaran budaya dan persaudaraan yang sangat baik antara dua negara, Kementerian Wakaf dan Agama Kesultanan Oman bersama Perpustakaan Nasional Indonesia bakal menyelenggarakan Pameran "Toleransi, Pemahaman, Koeksistensi: Pesan Islam Oman" di Jakarta.

Acara budaya dari Oman tersebut bertepatan dengan HUT ke-49 Hari Nasional Kesultanan Oman dan Hari Toleransi Internasional yang akan dirayakan pada acara terpisah sebagai kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Kesultanan Oman.

1. Ini tujuan dari penyelenggaraan pameran bersama Kesultanan Oman dan Perpusnas RI

Pertukaran Budaya, Oman-RI Bakal Gelar Pameran Bersama di PerpusnasIDN Times/Perpusnas RI

Pameran "Toleransi, Pemahaman, Koeksistensi: Pesan Islam Oman" bertujuan menunjukkan toleransi beragama, pemahaman antarbudaya, dan dialog antaragama yang menggambarkan bagaimana Islam dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat Arab modern di Oman. Islam di Oman ialah penghubung di antara berbagai denominasi agama di negara itu dan membantu melindungi identitas budaya pada masa-masa perubahan besar ini.

Pameran tersebut akan menunjukkan bahwa "kemajuan" tidak selalu berjalan beriringan dengan hilangnya identitas budaya. Selain itu, pameran juga bakal memberikan pengalaman yang mengesankan dan tidak terlupakan bagi pengunjung.

2. Pameran juga akan mengadakan pemutaran film dokumenter pendek soal toleransi lho

Pertukaran Budaya, Oman-RI Bakal Gelar Pameran Bersama di PerpusnasIDN Times/Perpusnas RI

Selain terdiri dari 24 panel dengan teks dan grafik yang membahas praktik agama di masyarakat Arab modern, pameran juga akan disemarakkan pemutaran film dokumenter pendek "Toleransi Beragama di Oman" oleh Wolfgang Ettlich, pemenang penghargaan pembuat film Jerman yang ditugaskan Kementerian Wakaf dan Urusan Agama Oman untuk mendokumentasikan kehidupan beragama di negara tersebut.

Pameran itu juga akan menampilkan kaligrafi, artefak, dan karya seni yang menerangi peran Islam dalam masyarakat kontemporer Oman. Selanjutnya acara budaya bakal berlangsung di sela-sela pameran, seperti pertunjukan seni pasir oleh seniman Oman yang berbakat, Nasheed Performance oleh vokalis asal Oman, kaligrafi, dan lokakarya seni serta program untuk anak-anak.

3. Catat tanggal penyelenggaraannya, ya!

Pertukaran Budaya, Oman-RI Bakal Gelar Pameran Bersama di PerpusnasIDN Times/Perpusnas RI

Pameran yang bakal diadakan dari 14 hingga 18 November 2019 di Perpustakaan Nasional Indonesia itu telah digelar di lebih dari 120 kota di 38 negara di seluruh dunia, seperti: Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Spanyol, Prancis, Belanda, Austria, Estonia, Lithuania, Brasil, Jepang, Kanada, Afrika Selatan, Korea Selatan, Slovenia, Kuwait, dan baru-baru ini di Uzbekistan.

Untuk diketahui, sekolah dan universitas, lembaga agama dan budaya, perpustakaan serta badan pemerintah dan internasional seperti UNESCO dan PBB telah menyelenggarakan pameran tersebut.

Topic:

  • Ezri Tri Suro

Just For You